Rilis

Pimpinan Media Digital Komitmen Sukseskan Pesta Demokrasi Dengan Aman

Pada intinya, di tahun 2018 dan 2019, semua pihak dalam pertemuan itu sepakat untuk mensukseskan pesta demokrasi berjalan baik dan siap mengabarkan berita baik bagi semua orang di seluruh Indonesia.

Di tahun politik, 2018 ini akan terselenggara Pilkada serentak di 171 daerah. Tahun 2018 juga menjadi tahap persiapan pemilu 2019, dalam konteks melangsungkan pemilihan presiden.

“Komunitas Jurnalis Etika Nusantara, tidak akan masuk dalam gonjang ganjing politik, tapi kami memantau tokoh-tokoh yang mengedepankan etika dalam merebut kekuasaan,” ujar Sri Rastiti, wartawan senior dari Ex-Majalah Tempo.

“Bisa saja, nanti, tokoh hebat yang mengedepankan etika akan kami beri award dan tulis dalam sebuah buku,” perempuan berusia 70 tahunan yang tampak enerjik ini dengan penuh idealisme.

Masih menurut Rastiti, beberapa tokoh wartawan senior mempunyai komunitas yang terus berkomunikasi dengan tokoh atau pihak-pihak yang sejalan dan berintegritas. Mereka selama beberapa tahun terakhir, ikut memantau politik dan hukum.

“Kami sangat tidak suka dengan tokoh politik yang hanya merebut kekuasaan, menghalalkan segala cara, termasuk memanfaatkan sentimen kesukuan dan keagamanan untuk meraih kemenangan politik,” tutur Sri Rastiti, panjang lebar.

Dalam kesempatan siang itu, jurnalis senior ini merasa nyaman dan tergerak untuk ikut dan sepakat dalam Gerakan yang digagas Asosiasi Media Digital Indonesia dan Forum Pimpinan Media Digital Indonesia.

“Kami ada di mana-mana, tapi bukan menjadi orangnya ini dan itu,” ujar S.S Budi Rahardjo, Ketua Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) dan Ketua Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI).

Komitmen di “tahun politik” mensukseskan sejumlah agenda penting.  Dalam konteks berkontestasi secara sehat, pentingnya pendidikan politik pada masyarakat luas.

“Konten negatif yang berkembang di internet, lewat ‘Gerakan Menulis Baik’ ini dihadang dengan sosok-sosok kami, orang-orang baik,” ujar S.S Budi Rahardjo, pria yang juga menjadi CEO Majalah Eksekutif dan Pemred Majalah MATRA ini.

Komunitas jurnalis Etika Nusantara sepakat dengan para anggota Asosiasi Media Digital yang anggotanya yakni para pemilik media digital, CEO dan Pemred serta coach atau motivator serta orang-orang yang ingin bangsa ini menjadi lebih baik lagi.

“Program kami, Gerakan Menulis Baik” mendukung startup atau pemilik media online untuk patuh pada kode etik jurnalistik dan tidak menyebar hoax. Banyak yang meniru ide kami dan itu baik,” ujar Asri Hadi, Pemred Indonews, yang juga sebagai Bendahara AMDI.

Asri Hadi mengatakan, dalam upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada media mainstream, serta meredam gelombang berita hoax. Harapannya di peristiwa pemilu, aktivitas politik jangan sampai menghela aktivitas ekonomi.

“Kami sepakat untuk membuat konten yang positif  lalu menyebarkannya seluas mungkin,” ujar Asri Hadi yang juga seorang dosen.

Sikap dan komitmen seperti ini, disepakati juga oleh pemilik Aswaja TV yang hadir dalam kongkow asyik itu.

Aswaja TV (kependekan dari Ahlussunnah wal Jama’ah Televisi) adalah stasiun televisi yang bernuansa Islami lewat satelit Palapa D dan fitur siaran streaming dengan target pemirsa Muslim yang berada di kawasan Asia dan Australia.

“Kami mendukung dan sepakat untuk menjadi bagian dari Asosiasi Media Digital Indonesia,” ujar Harry Fadil, sosok yang sangat dekat dengan almarhum Gus Dur ini.

Fadil menyebut, Asosiasi Media Digital yang merupakan organisasi para pemilik media dan pimpinan media digital ini, perlu disuport karena menjalankan beberapa program literasi dan publikasi serta edukasi yang baik.

“Kami bahkan bersedia menjadi sponsor jika para anggota Asosiasi Media Digital, yang merupakan para pemilik media mainstream, CEO dan Pemimpin Redaksi Media Digital juga para coach penulis buku digital, mengadakan kegiatan,” ujar Arief, dari Newswire.

PR Newswire senang dengan sosok-sosok berintegritas yang sepakat menjaga informasi yang akurat dan jujur serta menjaga integritas komunikasi.

Pada intinya, di tahun 2018 dan 2019, semua pihak dalam pertemuan itu sepakat untuk mensukseskan pesta demokrasi berjalan baik dan siap mengabarkan berita baik bagi semua orang di seluruh Indonesia.

ANTARANEWS.ID
Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »