ANTARANEWS.ID
Sisi Lain

AMDI dan IWO Sinergi Dalam Ekosistem Digital

ANTARANEWS.ID

Tak ada sekat organisasi, keduanya justru sepakat untuk meningkatkan taraf kesejahteraan wartawan dan membagi pengalaman dalam bisnis digital.

Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) menjajaki kerjasama saling menguatkan dengan Ikatan Wartawan Online (IWO).

Rencana kemitraan itu terungkap saat Ketua Umum AMDI S.S Budi Rahardjo bersama Edi Winarto, Sekjen AMDI menemui Ketua Umum IWO Jodhi Yudono yang juga wartawan Kompas.com.

“Antara AMDI dan IWO saling menguatkan, saling mengisi dan memiliki misi yang sama yakni memberikan sajian informasi yang memenuhi kaidah jurnalistik dan kode etik,” ujar Jodhi Yudono. Hal ini menyangkut jurnalis di daerah, menurut Jodhi juga banyak yang menjadi pemilik online di daerah.

Seperti diketahui, Asosiasi Media Digital sejatinya adalah para owner dan pimpinan media digital, sementara IWO sebagai organisasi jurnalis yang saat ini anggotanya tersebar di seluruh Indonesia hingga pelosok yang jauh dari ibukota.

Dalam pertemuan di sebuah tempat di bilangan Jakarta Selatan, Rabu (7/3/2018) malam obrolan juga menyangkut misi pers dalam ekonomi digital. Pertumbuhan dan perkembangan pers nasional, di era milenial disikapi pengurus IWO dan AMDI untuk saling menguatkan.

Jodhi sangat menyambut baik kerjasama yang akan dijalin antara AMDI dan IWO, terutama dalam meningkatkan taraf kesejahteraan wartawan dan membagi pengalaman dalam bisnis digital.

Sementara Ketua Umum Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) S.S Budi Rahardjo mengatakan, pertemuannya dengan Jodhi Yudono sangat membuka peluang terjalinnya sebuah kerjasama yang kian erat.

“Banyak yang harus kita kerjakan dalam kemitraan ini diantaranya kami AMDI ingin berbagi pengalaman dengan temen-temen IWO di daerah tentang bagaimana mengelola sebuah media online itu, darimana kita mendapatkan pemasukannya dan bagaimana kita bisa survive,” ujar pemilik situs Matranews.id, Eksekutif.id dan Majalah Matra dan Eksekutif usai pertemuan.

Ikatan Wartawan Online (IWO) yang memiliki anggota ratusan hingga tingkat daerah menurut Budi Rahardjo sebuah kekuatan dan potensi yang bisa dimaksimalkan.

“Kami ingin berbagi pengalaman dalam mengelola bisnis media online supaya kami tidak ketinggalan dan kami bisa mencari peluang mencari pemasukan,” kata pria yang akrab disapa Budi Jojo ini.

AMDI, lanjut Budi Jojo ingin menggelar acara temu keluarga besar praktisi digital serta menyiapkan ekosistem digital yang mana juga akan melibatkan IWO sebagai salah satu stake holder.

“Karena anggota IWO sekarang ini sangat besar yang tersebar di hampir semua daerah, ini sangat mengagumkan dan kami sangat apresiasi sama mas Jodhi,” kata Budi Jojo yang juga Ketua Umum Forum Pimpinan Media Digital Indonesia.

ANTARANEWS.ID
Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »