ANTARANEWS.ID
Inspirasi

Gerakan Mencetak 1000 Startup & AMDI

54Views

Presiden Jokowi pernah mencanangkan visi agar Indonesia bisa menjadi “The Digital Energy of Asia”.

Asosiasi Media Digital Indonesia mengingatkan kepada pihak-pihak yang sempat mencanangkan: “Gerakan Mencetak 1.000 perusahaan rintisan digital.”

“Di tahun 2018 ini, sudah ada berapa startup?” tanya S.S Budi Raharjo, Ketua Asosiasi Media Digital Indonesia, dalam release-nya yang diterima ANTARANEWS.id.

Budijojo mengingatkan, bahwa Presiden Jokowi pernah mencanangkan visi agar Indonesia bisa menjadi “The Digital Energy of Asia”.

Program yang sudah hadir di sepuluh kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak.

“Itu bagus dan perlu disuport terus, tolong disosialisasikan ke kami, karena kami sangat mendukung misi menciptakan 1.000 startup hingga 2020 nanti,” papar pria yang kerap dipanggil Budijojo ini.

Ketua Asosiasi Media Digital Indonesia dan Forum Pimpinan Media Digital Indonesia, siap men-suport “Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital” di beberapa kota.

“Jangan karena, belakangan kita terjebak berita-berita politik, info menarik dan pengembangan startup menjadi jarang terdengar sosialisasinya,” Jojo mengingatkan agar berita baik tidak tenggelam dengan riuh “politik” di tahun politik.

Kegiatan semacam ini, merupakan ekosistem digital. “Kita bergerak secara pararel untuk menciptakan 1000 inovasi, solusi dan kreasi,” ujar S.S Budi Raharjo, yang juga CEO majalah eksekutif ini.

Budijojo mengatakan, mendukung startup yang lahir harus memudahkan masyarakat serta perlu melibatkan kolaborasi dengan pelaku industri, perdagangan dan UKM. Sehingga akan memunculkan economy sharing dan menghasilkan bisnis baru berbasis kreativitas.

Majalah eksekutif dan Asosiasi Media Digital Indonesia serta Forum Pimpinan Media Digital Indonesia siap mengajak semua pihak untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai “The Digital Energy of Asia”.

Selama ini, majalah eksekutif sudah melakukan kerjasama dengan Asosiasi Media Digital Indonesia dengan seminar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship, kemudian workshop berupa pembekalan keahlian bagi yang membutuhkan startup digital.

“Kami punya densus digital yang melatih, untuk mentoring,” ujar Budijojo memaparkan. Intinya, “Menyiapkan SDM di era digital.”

klik juga: majalah eksekutif

***

Menkominfo Rudiantara mengajak Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) untuk bergabung menjadi bagian dari Siber Kreasi. Dalam wadah ini telah berkumpul 69 community. Diantara lembaga pemerintah seperti Sekretariat Negara, Kominfo, Bekraf.

Kemudian dari kalangan Perguruan Tinggi, NGO dan civil society. Yang jelas kegiatan ini merupakan partisipatif anak-anak muda. Bahkan ada juga artis yang turut berperan dalam kegiatan Siber Kreasi.

***

“Kami senang, Asosiasi Media Digital Indonesia mau ikut menjadi bagian dari promosi Pariwisata dan kemitraan di bidang media digital,” ujar Don Kardono, Staf Khusus Kemenpar, bidang Komunikasi dan Media saat berdiskusi dengan pengurus Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) di ruang kerjanya, lantai 15, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

“Gaya hidup masyarakat yang bergerak cepat dan bersentuhan langsung dengan internet menyebabkan model promosi digital sangat relevan untuk diaplikasikan,” ujar pria yang sempat dikenal dengan tagline, smart reporting, yakni berupa berita-berita positif dan bukan iklan ini memaparkan kinerja Kementerian Pariwisata.

adminbagus
the authoradminbagus

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas