0
  • No products in the cart.
Internasional

Inilah 16 Kelebihan Microsoft Powerpoint dalam Presentasi

Ramai diperbincangkan

View
ANTARANEWS.id — Sudahkah Anda tahu?
 

1. Kemudahan Pengoperasian
Microsoft Powerpoint merupakan aplikasi yang cukup mudah digunakan dan dioperasikan bahkan oleh newbie sekalipun, berbagai tutorial dan panduan penggunaan aplikasi powerpoint tersedia di Internet untuk didownload dan dipelajari.

Menu dan toolbar yang ramah pengguna, ikon yang familiar, fitur built-in help untuk membantu user mencari referensi pengoperasional aplikasi, sediakan di aplikasi powerpoint.

2. Export / Import Presentasi
Presentasi yang dibuat dengan powerpoint bisa diexport ke berbagai format dengan mudah langsung dari aplikasi Microsoft Powerpoint. Beberapa format yang didukung adalah pdf, .xps, .mp4, .wmv, .odp, .gif, .jpg, .png, .gif, .bmpp, .tif, .wmf, .emf, dan .rtf
Fungsi ekspor ini sangat berguna untuk keperluan tertentu, semisal mentransfrer file hasil expor ke flashdisk atau yang lainnya.

3. Downloadable Templates
Fitur yang tak ketinggalan adalah dukungan template yang dapat di-download dan digunakan untuk presentasi Kita. Template merupakan kerangka siap pakai yang bisa digunakan untuk dimodifikasi.

4. Clip art dan autoshapes
Clipart merupakan gambar siap pakai yang siap disisipkan ke presentasi Kita, sedangkan autoshape merupakan bentuk datar 2D yang biasa digunakan untuk flowchart atau bagan alir, alur proses, dan diagram.

5. Editing foto on-the-fly
Pengoperasian editing foto seperti Crop, Resizing, pengaturan kontras bisa dilakukan langsung di aplikasi powerpoint ini melalui Tab Picture / Format di Ribbon powerpoint.

6. Preset animasi dan slide yang melimpah
Preset adalah kombinasi dari slide dan transisi siap pakai yang sudah dikustomisasi. Dengan powerpoint, berbagai preset siap pakai telah disiapkan untuk digunakan dan dikustomisasi.

7. Pembuatan presentasi yang dinamis
Pembuatan presentasi di powerpoint ini bersifat dinamis, bukan hanya membuat sebuah presentasi statis tetapi juga interaktif.

Presentasi yang dihasilkan bisa dibuat objek yang lebih interakif seperti Button dan Link, audio, dan juga web URL. Di powerpoint disediakan sekitar 50 efek (Masuk, penekanan, dan keluar).

8. Pembuatan motion path
Motion path adalah efek linear objek yang bisa dibuat dengan powerpoint. Objek yang Kita buat slide powerpoint bisa diatur pergerakannya. Seperti pergeseran objek dari satu titik ke titik lain di slide yang sama, dengan mudah.

9. Pembuatan Narasi & Komentar
Fitur narasi adalah fitur penambahan audio pada slide, seperti layaknya narasi. Narasi bisa dibuat dengan merekam sebelum atau bersamaan dengan saat pembuatan presentasi.

Ada opsi untuk menjalankan narasi apakah saat presentasi dijalankan atau saat diklik. Narasi dibuat untuk membuat presentasi dijalankan secara otomatis.

Narasi diperlukan untuk keperluan meeting, agar hasil presentasi diputar ulang.

Sedangkan komentar sendiri digunakan untuk menambahkan keterangan pada slide yang menjelaskan fungsi slide atau informasi tambahan mengenai slide tersebut yang berfungsi sebagai catatan, tapi tidak akan ditampilkan saat presentasi di preview.

10. Menyisipkan konten external kedalam slide
Konten external dimungkinkan dengan fitur OLE (Object Linking and Embedding) yang disematkan pada aplikasi powerpoint ini.

Fitur OLE memungkinkan Kita untuk menyisipkan objek external seperti audio, video, file doc, excel, dan bitmap file langsung kedalam slide powerpoint.

11. Pembuatan objek animasi berformat GIF
GIF merupakan format animasi bergerak yang berukuran ringan dan kecil. Dengan powerpoint Kita bisa membuat objek animasi berformat GIF dengan mudah tanpa tools tambahan.

12. Menyisipkan statistik ke dalam slide
Dengan powerpoint, Kita bisa dengan mudah menyisipkan statistik untuk keperluan menampikan data riset. Data bisa diambil melalui file dan dengan mudah statistik akan disisipkan di slide Kita.

13. Fitur Sharing Presentasi
Sharing presentasi menjadi hal penting dimana saat ini sudah memasuki era dimana dokumen dapat dibagi dan dikolaborasikan dengan cloud-team. Fitur sharing sendiri sudah disediakan , sebagai bagian dari aplikasi Microsoft Powerpoint ini.

14. Fitur Smart lookup
Fitur Smart Loookup berfungsi melakukan pencarian kata dari dokumen yang sedang dibuka tanpa perlu membuka browser, mencari keyword di search engine, dan mencari hasil pencarian yang relevan.

Tidak hanya memunculkan teks hasil pencarian, hasil pencarian dengan search engine Bing, artikel wiki, dan pencarian di website juga dapat ditampilkan.

15. Fitur Quick Styles untuk autoshape
Quick style sendiri merupakan preset yang terdiri dari pewarnaan objek, border, ketebalan, background, dsb. Dengan quick styles Kita bisa melakukan pemformatan objek dengan mudah, tanpa perlu mengatur Satu-per-satu properti yang ada.

16. Grouping Slide ke Section
Fitur yang tak kalah menarik dari aplikasi Microsoft Powerpoint adalah adanya fitur penggabungan Slide-slide kedalam section, section merupakan penggabungan beberapa slide yang disimpan didalam tab dengan nama tertentu untuk memudahkan pengorganisasian presentasi dengan jumlah slide yang banyak.

Slide-slide disimpan didalam section, dan untuk membuka slide, Kita tinggal melakukan Expand pada nama section atau sebaliknya untuk menyembunyikan daftar slide di section, Kita melakukan Collapse pada nama section.

baca juga: majalah MATRA — klik ini

redaksi antara
the authorredaksi antara

Tinggalkan Balasan

Translate »