ANTARANEWS.ID
Nasional

Kongres Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Solo, Hasilkan Ketua Umum Baru

142Views

 

Ramai beredar nama-nama Ketua Umum PWI Periode 2018-2023.

ANTARANEWS.id — Kongres XXIV PWI di Solo kali ini mengambil tema, Pers Kebangsaan yang Independen, Profesional dan Berintegritas.

Diikuti oleh perwakilan dari 35 provinsi di Indonesia, termasuk PWI Cabang Solo.  Seperti diketahui, kota Solo merupakan tempat lahir PWI.

Hadir dalam pembukaan kongres antara lain Menteri Kominfo Rudiantara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, jajaran pengurus, tokoh pers dan ketua PWI dari seluruh Indonesia.

Sebelum membuka kongres, Jokowi berkesempatan berkeliling menyalami peserta kongres di Ballroom Hotel The Sunan, Solo. Ia terlihat mengenakan baju batik lengan panjang berwarna cokelat.

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut mengaku sering makan siang dan makan malam dengan wartawan karena ingin mendapat masukan, kritik dan saran.

“Dan kalau ada hal yang saya ragu saya masuk ke ruang wartawan di istana. Saya bertanya terkait isu apa yang sedang terjadi,” ujarnya.

Yang aneh, kata Jokowi, mengaku beberapa kali bermain futsal dan sepakbola dengan wartawan. “Tiap hari ketemu dan melihat saya tetapi masih ingin selfie juga,” kata Jokowi dengan mimik jenaka.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi bercerita terkait kedekatannya dengan wartawan mulai saat menjabat Wali Kota Solo hingga menjadi Presiden Republik Indonesia.

Apalagi setelah menjadi Presiden, Jokowi mengakui setiap melakukan kunjungan ke daerah selalu diikuti oleh wartawan. Jika semua wartawan (meliput di istana) ikut berkunjung ke daerah, jumlah seat pesawatnya terbatas.

“Saya ingin mengatakan, wartawan itu sahabat saya,” kata Jokowi sambil bercerita mengenai kedekatannya dengan wartawan terjalin ketika saat masih menjabat Wali Kota Solo.

Hubungan tersebut juga kembali terjalin ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta. Hampir semua kegiatan yang dilakukan selalu diikuti para wartawan.

“Kemana-mana diikuti terus, di Solo diikuti terus, di Jakarta juga dikuti,” paparnya,

Kini sebagai Presiden, Jokowi mengaku selain staf, paling tidak ia membawa delapan atau tujuh wartawan untuk di setiap kegiatannya.

Presiden mengaku, sadar mengajak wartawan penting untuk perangi berita hoaks.

Tidak hanya di negara kita, di negara-negara lain juga sama.

“Saya ke Singapura, PM Lee mengeluhkan hal yang sama. Ke Malaysia, mengeluhkan hal yang sama. Ke Timur Tengah, beberapa syeikh dan emir juga mengeluhkan hal yang sama yang sebelumnya tidak pernah terjadi,” kata Presiden.

Presiden menuturkan, Indonesia membutuhkan wartawan-wartawan yang berdedikasi tinggi, yang menjaga martabat, yang menjaga etika profesinya.

“Yang memiliki kesadaran tinggi bahwa satu artikel dari dirinya turut menentukan persepsi publik, turut menentukan masa depan Indonesia,” ujar Jokowi.

Wartawan juga harus terikat pada Undang-Undang Pers dan kode etik untuk menguji informasi itu menjadi rumah penjernih informasi (clearing house of information).

“Di sini lah tanggung jawab wartawan, di sini lah tanggung jawab besar PWI,” tegasnya.

Adapun kongres PWI ini sedang berlangsung dan akan digelar sampai Minggu, 30 September 2018.

Dalam kongres ini, akan dilakukan pemilihan ketua umum PWI menggantikan ketua saat ini, Margiono.

Sebanyak 73 peserta kongres memiliki hak untuk memilih Ketua Umum. Ada enam nama yang sempat siap meramaikan pemilihan.

Ramai beredar nama-nama Ketua Umum PWI Periode 2018-2023. Siapa yang terpilih?

 

adminbagus
the authoradminbagus

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas