Kamis, Oktober 24, 2019
0
  • No products in the cart.
Rilis

Konsep Link and Match Asosiasi Media Digital Indonesia & Stikom Interstudi

107Views

 

“Ini langkah nyata dari konsep keterkaitan dan kesepadanan (Link and Match) antara dunia pendidikan dan dunia kerja,” ujar DR Marlinda Irwanti, SE, Msi, Ketua Stikom InterStudi.

Anggota DPR Komisi 10 itu pun menjelaskan, konsep itu bisa menekan jumlah pengangguran lulusan perguruan tinggi yang dari ke hari makin bertambah.

Menurut Marlinda, dengan adanya hubungan timbal balik membuat perguruan tinggi dapat menyusun kurikulum sesuai dengan kebutuhan kerja. Link and Match antara lembaga pendidikan dan dunia kerja dianggap ideal. Jadi, ada keterkaitan antara pemasok tenaga kerja dengan penggunanya.

“Perbaikan magang dimaksudkan agar industri juga mendapatkan manfaat. Selama ini, ada kesan yang mendapatkan manfaat dari magang adalah perguruan tinggi dan mahasiswa, sedangkan industri kebagian repotnya,” ujar S.S Budi Rahardjo, Ketua Asosiasi Media Digital Indonesia, organisasi yang terdiri dari para pemilik media digital.

Keterkaitan dan mekanisme implementasi ilmu dari perguruan tinggi ke dunia kerja dijembatani dengan kerjasama Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU). Acara berlangsung disaksikan tim serta para pengajar serta pengurus Forum Pimpinan Media Digital di Jakarta hari ini (15/3)

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Ketua Stikom Interstudi, DR. Marlinda, MSI, sementara dari AMDI, diwakili oleh Ketua Umum AMDI, S.S Budi Rahardjo. Penandatangan MoU meliputi kesempatan magang, penelitian, penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan media digital.

Menurut Marlinda, era sekarang ini, media digital memegang peranan penting bagi industri media di Indonesia dan dunia. “Kami sangat senang dan bangga bisa bekerjasama dengan organisasi yang  membuat orientasi pendidikan menjadi semakin jelas yaitu mencipta manusia yang “siap pakai”.  Di sisi lain, pengusaha juga tak lagi terlalu dibebani dengan pelatihan menyiapkan tenaga kerjanya karena setiap lulusan sudah siap kerja bukan lagi hanya siap latih,” katanya.

Marlinda yang juga Politisi Partai Golkar ini, menyambut baik kerjasama dan bisa ditingkatkan di masa yang akan datang.

Stikom InterStudi juga mengajak pengurus AMDI agar bisa melanjutkan kuliah S2 di Jurusan Public Relation, dengan potongan harga, “kita berikan discount harga kuliah yang pantas, untuk para pengurus AMDI.

Sementara itu, Ketua umum AMDI, S.S Budi Rahardjo, SE, MM berharap sebelum mahasiswa InterStudi magang agar mendapatkan matakuliah atitude komunikasi hingga mahasiswa dapat menjalankan magang tepat waktu dan benar.

“Matakuliah attitude perlu diberikan kepada mahasiswa agar mereka tidak baper dan tidak kabur-kaburan saat magang,”  ujar pengusaha media pemilik majalah MATRA dan CEO majalah eksekutif, yang kini berkonvergensi juga ke digital di lapak e-magazine serta online: www.matranews.id dan www.eksekutif.id ini.

Pria yang biasa dipanggil Jojo ini meyakini  mahasiswa InterStudi memiliki kemampuan lebih, jika magang di AMDI karena dapat langsung berpraktek, sebelum masuk dunia kerja sebelumnya.

Selain bekerjasama dengan AMDI, Stikom InterStudi juga menandatangani MoU dengan Metro TV, Radio MNC Trijaya, Kodetek Indonesia dan Ampro.

Tinggalkan Balasan

Translate »