Kamis, Oktober 24, 2019
0
  • No products in the cart.
Nasional

Panglima TNI Resmikan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman

11Views

ANTARANEWS.id —  (Puspen TNI)– Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Irjen TNI Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc., serta Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos meresmikan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (7/10/2019).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa, Jenderal Besar Soedirman tidak hanya seorang Panglima Besar, melainkan juga sebagai Bapak TNI serta peletak nilai-nilai dasar TNI yang masih menjiwai setiap pelaksanaan tugas TNI, baik di dalam maupun luar negeri.

“Nilai-nilai kepemimpinan dan keprajuritan beliau menjadi suri tauladan tidak hanya bagi seluruh prajurit TNI, tetapi juga bangsa Indonesia secara keseluruhan,” ucap Hadi.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa Jenderal Besar Soedirman juga merupakan sumber inspirasi, motivasi dan semangat yang seakan tidak pernah habis, kecintaan dan kemanunggalannya dengan rakyat mewarnai perjuangan mempertahankan kemerdekaan dan menjadi bukti nyata betapa kemanunggalan TNI dan rakyat adalah kekuatan yang sangat dahysat.

“Kita semua sebagai generasi penerus perjuangan beliau serta pahlawan-pahlawan bangsa harus dapat meneladani Jenderal Besar Soedirman dalam setiap pelaksanaan tugas. Perjuangan kita saat ini memang berbeda dengan perjuangan beliau. Namun perjuangan TNI dan bangsa Indonesia saat ini dan di masa mendatang menentukan masa depan bangsa dan negara.

Panglima TNI juga menuturkan bahwa sebagai alat pertahanan negara, TNI tidak hanya dituntut untuk meningkatkan profesionalismenya, tetapi juga menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“TNI juga harus menjadi agen perubahan dan bersinergi dengan seluruh komponen bangsa agar seluruh potensi menjadi kekuatan yang nyata. Hal itu tidak mudah tetapi harus kita laksanakan,” katanya.

Monumen yang diresmikan ini lebih besar dari monumen yang sebelumnya. Adapun monumen Patung Panglima Besar Jenderal Soedirman dengan ukuran tinggi patung 6,3 meter, tinggi landasan patung 4 meter, total ketinggian 10,3 meter, dengan berat 2 ton dan terbuat dari tembaga, yang dibuat oleh seniman Drs. Dunadi di studio Santiaji Jogjakarta.

Turut serta dalam acara tersebut diantaranya, Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.H., M.M., Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.A.P., Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., MMDS, Aslog Panglima TNI, Marsda TNI Kukuh Sudibyanto, Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., Askomlek Panglima TNI, Laksda TNI Lutfi Syaefullah, S.H., M.M., MMDS, Kababinkum TNI Mayjen TNI Joko Purnomo, S.H., M.H., dan Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi.

Tinggalkan Balasan

Translate »