Nasional

Pelatihan Pemantauan Pemilu di Balai Sarwono, Jakarta Selatan.

Rabu, 6 Maret 2019 pukul 15.00 -20.00 WIB

View

Program Paska Sarjana dan Forum koordinasi Lintas fakultas Universitas Indonesia (Fokal UI) akan mengadakan Pelatihan/ToT Pemantauan Pemilu.

ANTARANEWS.id — Dalam rangka edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat, Program Paska Sarjana dan Forum koordinasi Lintas fakultas Universitas Indonesia (Fokal UI) akan mengadakan Pelatihan/ToT Pemantauan Pemilu.

Pelatihan itu sendiri mengambil tema Pemantauan Pemilu menuju Pilpres dan Demokrasi berdasarkan Pancasila.  Acara pelatihan siap berlangsung pada Rabu, 6 Maret 2019 pukul 15.00 -20.00 WIB di Balai Sarwono, Jakarta Selatan.

Sebagai keynote speaker akan diisi oleh mantan Ketua MK, Mahfud MD.

Acara akan dibagi dua sesi. Sesi pertama tentang aturan dan peraturan dengan narasumber dari BAWASLU, KPU, INDOPOLLING.

Sesi kedua tentang isu-isu strategis dengan narasumber: Dr. Andi Wijayanto, Romo Benny Susetyo, Karyono Wibowo, Fokal UI.  Pengantar Diskusi Bob Randilawe, dan dimoderatori oleh DP Yoedha & Satrio Arismunandar.

“Di antara elemen dan indikator yang paling mendasar dari keberhasilan dan kualitas pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam proses berjalannya tahapan-tahapan pemilu, khususnya dalam hal pengawasan atau pemantauan proses pemilu,” tutur  Asri Hadi, salah satu anggota Fokal UI yang juga Pemred Indonews. 

Asrihadi menyebut, peran dan partisipasi masyarakat sipil dalam mengawasi atau memantau jalannya proses kontestasi demokrasi merupakan hal yang sangat penting.

Fokal ajak semua pihak yang gandrung terhadap politik,  mengamati jalannya pelaksanaan  pemilihan legislatif dan pemilu presiden, dengan memantau dan mengawasi pelanggaran-pelanggaran dan kecurangan-kecurangan.

Asrihadi mengingatkan,   pemilihan legislatif dan pemilihan presiden/wakil presiden secara bersamaan pada 2019  secara serentak.

Asrihadi menyebut, peran dan partisipasi masyarakat sipil dalam mengawasi atau memantau jalannya proses kontestasi demokrasi merupakan hal yang sangat penting.

baca juga: Kolom Asrihadi — klik ini —

 

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »