ANTARANEWS.ID
Sisi Lain

Upacara Wisuda Purna  Wira Pati TNI Angkatan Laut 2018

214Views
ANTARANEWS.id —  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., akan menggelar upacara Wisuda Purna Wira Pati di kampus Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumi Moro, Krembangan, Surabaya, Rabu, 10 Oktober 2018. 
 
“Sebagai rasa hormat dan penghargaan seluruh prajurit TNI Angkatan Laut atas jasa dan pengabdian yang telah dilakukannya selama bertugas di lingkungan organisasi,” ujar Kolonel laut Hedi Sakti, Kasubdispenum Dispenal TNI AL. 
 
Masih berdasarkan release TNI Angkatan Laut, acara  di Surabaya ini merupakan sebuah upacara tradisi Wisuda Purna Wira (WPW) Tahun 2018.  
 
“Upacara Wisuda Purna Wira merupakan sebuah tradisi  bagi setiap Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut yang telah memasuki masa purna bakti,” ujar Kol Hedi.
 
Acara ini merupakan perlambang saat terakhir pengabdian seorang Perwira Tinggi setelah mendarmabaktikan dirinya untuk kepentingan bangsa dan negara, khususnya di jajaran TNI Angkatan Laut.
 
Upacara Wisuda Purna Wira sekaligus juga sebagai bentuk pewarisan nilai-nilai kepemimpinan TNI Angkatan Laut kepada para Perwira Remaja lulusan AAL untuk memotivasi dalam melaksanakan dan meneruskan tugas serta pengabdian kepada bangsa dan negara.
 
Pada tahun 2018 ini, sebanyak 78 Pati TNI Angkatan Laut menjadi wisudawan pada upacara tradisi Wisuda Purna Wira, diantara para wisudawan tercatat antara lain mantan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P..
 
Ada juga mantan Sekjen Kemhan RI Laksamana Madya TNI (Purn) Dr. Widodo, S.E., M.Sc., dan mantan Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla) Laksdya TNI (Purn) Ari Soedewo, S.E., M.H.
 
Upacara tersebut diawali dengan upacara Parade Surya Senja, yaitu penurunan bendera Merah Putih saat matahari terbenam, yang secara khas dilakukan oleh para Kadet Akademi Angkatan Laut.
 
Acara  kemudian dilanjutkan dengan prosesi Wisuda Purna Wira, serta kemudian penyerahan piagam penghargaan dan ucapan selamat dari Kasal kepada para wisudawan.
 
Disebutkan oleh Dispen AL, sebanyak 78 wisudawan Pati TNI Angkatan Laut yang mengikuti acara tradisi ini terdiri dari satu orang Pati bintang empat berpangkat Laksamana TNI, dua orang Pati bintang tiga berpangkat Laksamana Madya TNI, 34 orang Pati bintang dua berpangkat Laksamana Muda TNI/Mayor Jenderal Marinir TNI, dan 41 orang Pati bintang satu berpangkat Laksamana Pertama TNI/Brigadir Jenderal Marinir TNI.
 
Upacara tradisi Wisuda Purna Wira merupakan visualisasi dua peristiwa penting yaitu dari perspektif pembinaan TNI AL secara luas dan dari sisi kehidupan kedinasan Perwira TNI Angkatan Laut.
 
Peristiwa ini secara signifikan menggambarkan awal dan akhir dari proses panjang pembinaan personel TNI Angkatan Laut, serta perjalanan karier seorang perwira dalam melaksanakan dinas aktifnya.
 
Dua peristiwa ini sangat tepat jika disatukan dalam sebuah upacara yang dilaksanakan di kampus AAL, Bumi Moro, Krembangan, Surabaya.
 
Di tempat ini diawali dan di tempat ini pula diakhiri. Upacara tradisi ini merupakan acara seremonial yang menggambarkan sebuah pengabdian panjang seorang Perwira TNI Angkatan Laut kepada negara dan bangsa.
 
Melalui upacara ini diharapkan akan tumbuh dan berkembang ikatan dan kesinambungan batiniah yang kokoh dan kuat antara generasi pendahulu dan generasi penerus.
 
 
 
adminbagus
the authoradminbagus

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas