10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia: Honda-Mitsubishi Ketat, Wuling Naik – Berita Otomotif

oleh -0 views
10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia: Honda-Mitsubishi Ketat, Wuling Naik – Berita Otomotif

[ad_1]

Harga Daihatsu Rocky 2021 dan Spesifikasinya yang tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Mobil ini hadir untuk menyasar keluarga muda yang membutuhkan SUV kompak dan bisa diandalkan di berbagai medan.

Overview

Proyek kolaborasi Toyota – Daihatsu pertama yakni Avanza dan Xenia yang sukses di pasaran, terus berlanjut. Tidak puas sampai disitu, kedua brand asal Jepang ini kembali merilis Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Masuk ke dalam model SUV kompak, mobil ini ditawarkan dengan fitur-fitur terkini dan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Hal inilah yang membuat kendaraan ini mendapat respon positif di masyarakat.

Sejarah Daihatsu Rocky

Sebelum membahas lebih jauh, Rocky sendiri bukanlah nama yang asing di Indonesia. Daihatsu pernah memasarkan Rocky sebagai SUV tangguh di berbagai medan pada 1988.

Rocky kala itu mengusung mesin diesel dengan tipe DL41 dengan kapasitas 2.765 cc. Jantung pacunya tidak hanya terkenal tangguh namun bandel. Hal ini memberikan kenyamanan lebih bagi para pemiliknya.

Beberapa tahun setelahnya, Daihatsu memperbaharui mesin SUV mereka dengan kode DL42. Kapasitasnya tetap sama, namun tenaga yang dihasilkan lebih baik daripada sebelumnya. Klaim pabrikan tenaga maksimalnya mencapai 76 hp dan torsi puncaknya mencapai 245 Nm.

Seiring dengan perkembangan jaman, Rocky terus mendapat pengembangan pada beberapa sektor. Salah satunya pada bagian kaki-kaki sehingga bisa memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Jika sebelumnya mobil ini mengandalkan per model daun, versi pembaruannya diganti menjadi keong. Hasilnya mobil lebih mudah dikendalikan dan bantingan suspensinya menjadi lebih nyaman. Hanya saja image sebagai kendaraan tangguh dan efisien sedikit tergerus.

Rocky akhirnya mulai hilang dari peredaran karena kalah bersaing dengan SUV merek lain. Hingga pada 1990-an, Daihatsu sudah tidak lagi memasarkan Daihatsu Rocky di Indonesia.

Daihatsu Rocky 2021

Desas-desus hadirnya kembali Daihatsu Rocky sebenarnya sudah muncul sejak 2019. Lalu mobil ini diperkenalkan secara resmi di negara asalnya yakni Jepang dan mendapat respon positif di sana.

Karena terhalang pandemi, SUV kompak ini baru diperkenalkan di Indonesia pada 2021. Masuk ke Indonesia, Rocky ditawarkan dalam dua varian mesin yakni 1.0-L turbo dan 1.2-L Naturally Aspirated.

Kendaraan ini juga masuk bersamaan dengan kebijakan baru Pemerintah Indonesia yang memberikan relaksasi pajak nol persen secara bertahap. Konsumen yang ingin meminang kendaraan ini semakin mudah karena harganya lebih terjangkau.

Mesin Daihatsu Rocky 2021

Mesin

Seperti telah disampaikan di atas, Roky ditawarkan dalam dua pilihan varian mesin yakni 1.0-L turbo dan 1.2-L. Keduanya menggunakan mesin 3-silnder dengan kode 1KR-VET untuk 1.0-L dan WA-VE pada varian mesin 1.2-L.

Mesin 1.0-L memiliki kapasitas secara keseluruhan 998 cc yang didukung turbocharger. Output mesin ini diklaim setara dengan mesin 1.5-L. Daya maksimum jantung pacunya mencapai 98 ps pada 6.000 rpm. Sementara torsi puncaknya 140 Nm pada 2.400 rpm hingga 4.000 rpm.

Mesin 1.2-L Daihatsu Rocky sama-sama menggunakan formasi tiga silinder. Berbeda dengan mesin LCGC mereka sebelumnya yakni Sigra dan Ayla. Dengan kapasitas lebih besar, namun besaran dayanya tidak sebesar versi 1.0 karena tidak dibekali turbocharger.
Mesin Daihatsu Rocky 2021

Sumber daya kendaraan ini disebutkan mampu melecutkan daya maksimum sebesar 88 ps pada 6.000 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 112.7 Nm pada 4.500 rpm.

Transmisi

Daihatsu Rocky 2021 tipe 1.0-L dan 1.2-L ditawarkan dengan dua pilihan transmisi yakni manual lima percepatan dan otomatis CVT (Continious Variable Transmission).

Untuk konsumen yang menginginkan Rocky lebih responsif bisa memilih transmisi manual. Atau Anda yang tinggal di daerah, transmisi manual tentunya tidak akan menjadi masalah karena tidak terlalu sering menghadapi kemacetan.

Berbeda dengan konsumen yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya yang kerap menemui kemacetan sehari-hari. Tentunya mobil bertransmisi otomatis akan menjadi pilihan yang menyenangkan.

Daihatsu Rocky 2021 memiliki pilihan transmisi otomatis model CVT, sehingga tidak hanya memanjakan pengemudi dalam setiap perjalanan. Namun memberikan kenyamanan lebih karena transmisi model ini tidak menimbulkan hentakan seperti transmisi otomatis model lawas.

Kisaran Konsumsi BBM Daihatsu Rocky 2021

Daihatsu Rocky 1.0-L memiliki salah satu kelebihan yakni konsumsi bahan bakar yang efisien. Disebutkan melalui pengujian secara WLTC (Worldwide harmonized Light vehicle Test Cycle) di Jepang, mobil ini mampu menempuh jarak 18.6 km untuk 1 liter bensin.
konsumsi bahan bakar Rocky 2021

Sedangkan melalui pengujian JC08 atau menggunakan alat bernama dynamometer, konsumsi bahan bakarnya mencapai 23.4 km untuk 1 liter bensin.

Lalu Daihatsu Rocky 1.2-L diklaim telah diuji pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bisa mencapai 19 kilometer untuk satu liter bensin.

Transmisi CVT yang digunakan pada Rocky diklaim ikut menyumbang efisiensi bahan bakar. Namun tetap bergantung pada karakter berkendara setiap pengemudinya masing-masing.

Spesifikasi Mesin

Spesifikasi Mesin Daihatsu Rocky 2021

Jenis Mesin

3-silinder Turbo

3-silinder n/a

kapasitas

998 cc

1.200 cc

Teknologi

12-Valve DOHC

12-Valve DOHC

Tenaga Maksimum

98 ps

88 ps

Torsi Puncak

149 Nm

112.7 Nm

Transmisi

5MT/CVT

5MT/CVT

Konsumsi BBM

19:01

19:01

 

Eksterior Daihatsu Rocky 2021

Dimensi

Bicara dimensi, Daihatsu Rocky 2021 cukup kompak maka dari itu menyasar keluarga muda yang dinamis. Panjang kendaraan ini hanya 4,03 meter dengan jarak sumbu roda hanya 2.5 meter.

Kendaraan ini dikatakan mampu memboyong lima orang penumpang. Namun untuk kursi belakang rasanya hanya bisa dimuat oleh dua penumpang dewasa, untuk bisa mendapatkan kenyamanan selama perjalanan.

Dimensi Daihatsu Rocky 2021

Panjang

4030mm

Lebar

1710mm

Tinggi

1635mm

Jarak Sumbu Roda

2525mm

Berat Bersih

1680mm

Ground Clearance

200mm

Kapasitas Tangki BBM

36Liter

 

Desain Bodi

Sebagai SUV, rancang bangun kendaraan ini cukup tegas dan berkarakter. Meskipun memiliki dimensi lebih kecil dari pendahulunya, Rocky baru tetap mengedepankan karakternya sebagai mobil berpenampilan maskulin, namun dengan sentuhan-sentuhan modern.

Grille besar dan lampu utama sipit, menegaskan kesan sporti pada kendaraan. Selain itu, untuk tipe tertinggi, Daihatsu menerapkan gaya two-tone yang semakin menebalkan aura sporti.
EKsterior Daihatsu Rocky

Sisi modern pada mobil ini terletak pada lampu-lampu yang telah menggunakan teknologi LED baik pada depan maupun belakang. Bodinya yang cenderung kotak, semakin menguatkan kesan gagah untuk kendaraan.

Fitur Eksterior

Fitur yang disajikan pada Daihatsu Rocky 2021 cukup istimewa. Selain itu fitur yang melekat membuat kendaraan tampak modern.

  • Front Grille with Satin Chrome Ornament (tipe ADS)
  • Rear Skid Plate (ADS)
  • Side Moulding with ADS emblem & Side Stone Guard (ADS)
  • Black Backdoor Garnish with Chrome List (ADS)
  • LED Headlamp
  • LED Rear Combi Lamp
  • Foglamp Cover
  • 17” Polished Alloy Wheel (1.0-L) 16” (1.2-L)
  • Shark Fin Antenna
  • Rear Spoiler with LED High MountStop Lamp (HMSL)

Interior Daihatsu Rocky 2021

Konfigurasi Kabin

Masuk ke dalam kabin, konsumen akan disuguhkan dengan tampilan mobil modern yang telah dilengkapi banyak fitur terkini. Meskipun diklaim sebagai mobil 5-penumpang yang luas, namun pada kenyataannya mobil ini akan terasa sempit jika dihuni orang-orang berperawakan besar.

Konsol tengah yang ada pada kursi depan sedikit membatasi ruang gerak dari kaki. Sementara pada kursi belakang, orang dewasa akan gerak badan akan terbatas. Terlebih jika memiliki tinggi lebih dari 170 cm maka headroom akan terasa semakin sempit.

Kursi depan mobil ini dilengkapi dengan pengaturan ketinggian yang dioperasikan secara manual. Sementara di bagian belakang tidak terdapat reclining seat untuk membuat posisi duduk lebih nyaman.
Interior Daihatsu Rocky 2021

Adapun kapasitas bagasi kendaraan ini diklaim mencapai 369 liter + 80 liter. Kapasitas ini memungkinkan pemiliknya membawa barang bawaan berdimensi cukup besar.

Fitur Entertainment

Daihatsu Rocky 2021 dibekali dengan mobitor LCD 9 inci dengan model floating. Mobitor tersebut mampu memberikan hiburan melalui Radio FM/AM, Sambungan bluetooth, Android Auto, Apple Carplay. Sehingga perjalanan bisa lebih menyenangkan ditemani lagu-lagu andalan.

Fitur Kenyamanan

Bicara kenyamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan AC digital sehingga lebih mudah mengatur suhu di dalam kabin. Bodinya yang tidak terlalu besar juga membuat hembusan angin dingin dari depan cepat tersalurkan ke depan.

Untuk pengendara, kenyamanan didapatkan dari Start/Stop Engine Button. Akses keluar –masuk ke dalam kendaraan juga dipermudah dengan fitur immobilizer. Adapun panel meter digital juga membuat pengendara lebih nyaman selama perjalanan.
Konsol Daihatsu Rocky 2021

Bagi penumpang, adanya banyak konsol penyimpanan baik di depan maupun di belakang, membuat perjalanan lebih nyaman. Membawa minuman dan barang-barang kecil lainnya di dalam kabin lebih mudah dan leluasa.

Kenyamanan dalam perjalanan juga bisa didapatkan dari fitur keselamatan aktif seperti Anti lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Parking Sensor, Rearview Camera, Hill Start Assist, serta Vehicle Stability Control System.

Lalu untuk fitur keselamatan pasifnya meliputi Dual Front Airbags, 3 point ELR seatbelts with pretensioner and force limiter mechanism, serta pengaturan kursi ISOFIX. Dan untuk fitur keamanan tambahan, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem alarm dan Engine Immobilizer.

Keamanan kendaraan ini juga telah terbukti melalui tes keselamatan yang meraih bintang tertinggi. Pada tes yang dinamakan oleh Japan New Car Assesment Program (JNCAP) dari Kementrian Transportasi Jepang dan National Agency for Automotive Safety & Victims Aid (NASVA).

Desain interior

Sebagai mobil modern, Daihatsu Rocky memiliki desain interior yang menarik. Permainan warna dan bentuk serba tajam memberikan kesan futuristik. Meskipun bagian dashboad kendaraan ini masih banyak yang keras, alias minim bagian soft touch.

Harga Daihatsu Rocky 1.0-L 2021

  • R TC MT Rp 214.200.000
  • R TC MT ADS Rp 222.200.000
  • R TS CVT Rp 227.400.000
  • R TC CVT ADS Rp 235.400.000
  • R TC CVT ASA Rp 236.100.000

Harga Daihatsu Rocky 1.2-L 2021

  • M MT Rp 178.900.000
  • M CVT Rp 194.600.000
  • X MT Rp 191.300.000
  • X CVT Rp 207.000.000
  • ADS MT Rp 199.300.000
  • ADS CVT Rp 215.000.000

Kompetitor Daihatsu Rocky 2021

Sebagai SUV kompak, Daihatsu Rocky memiliki kompetitor sejenisnya meliputi saudara kembarnya yakni Toyota Raize. Nama besar Toyota yang lebih dikenal masyarakat Tanah Air menjadi salah satu unggulannya.

Jaringan bengkel yang dimiliki Toyota juga lebih banyak sehingga proses perawatan rutin kendaraan juga lebih mudah. Selain Raize, saingan juga datang dari Korea Selatan dengan nama Kia Sonet.

Kia Sonet ditawarkan kepada konsumen dengan pilihan 5-penumpang dan 7-penumpang. Pesaing juga datang dari India meskipun meruapakan brand asal Perancis yakni Renault Kwid dan Triber. Keduanya bisa saja menjadi pesaing Rocky. [Dew/Had]



[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *