5 Cara Mengatasi Lapar Tengah Malam pada Ibu Hamil

oleh -11 views

[ad_1]

Lapar tengah malam sering kali dialami oleh ibu hamil. Hal ini sangat wajar mengingat selama kehamilan terjadi perubahan hormon yang mengakibatkan indra perasa dan penciuman lebih sensitif.

Kebutuhan nutrisi selama kehamilan juga meningkat sehingga wajar apabila ibu hamil makan lebih banyak. Meski demikian, ada beberapa tips agar ibu hamil kenyang lebih lama dan tidak ngemil tengah malam. Berikut informasinya. 

5 Cara Ibu Hamil Mengatasi Lapar Tengah Malam

Bunda, pernah merasa perut tiba-tiba keroncongan tengah malam? Padahal suami sudah tidur pulas dan lampu rumah sudah dimatikan. Kenyataannya, lapar tengah malam yang dialami oleh ibu hamil adalah hal wajar.

Mengutip dari Pregnancy, Birth, & Baby, penyebabnya adalah perubahan hormon selama kehamilan yang membuat nafsu makan ibu hamil meningkat. Keinginan untuk makan atau biasa disebut ngidam ini juga muncul karena kebutuhan nutrisi yang meningkat selama masa kehamilan.

Sebetulnya bukan masalah jika ibu hamil makan tengah malam asalkan makanannya bergizi. Namun, perlu diketahui jika kebiasaan ini bisa menyebabkan refluks atau disebut juga heartburn yang menyebabkan nyeri di ulu hati dan dada.

Nah, bila Bunda ingin mengatasi kebiasaan makan tengah malam, berikut tips yang telah kami rangkum dari Hellosehat.com

1. Perbanyak Protein dan Serat

Sumber: iStockphoto

Makanan yang tinggi serat dan kaya akan protein akan membuat ibu hamil kenyang lebih lama. Protein bisa diperoleh dari daging merah, ayam, ikan, telur, tahu dan tempe, serta aneka hidangan laut.

Sementara, makanan tinggi serat bisa diperoleh dari roti gandum utuh dan beras merah. Mengonsumi buah-buahan seperti pir, apel, jeruk, dan plum sebagai camilan juga bisa membuat Bunda kenyang lebih lama. 

Artikel terkait: 11 Cara menjaga kesehatan ibu hamil

2. Mencegah Lapat Tengah Malam dengan Makan Lebih Sering dalam Porsi Kecil

lapar tengah malam

Sumber: Shutterstock

Makan lebih sering dalam porsi kecil di siang hari akan mencegah Bunda mengais makanan pada tengah malam. Jika biasanya Bunda makan 3x sehari, coba kurangi porsinya menjadi 5 porsi kecil setiap beberapa jam sekali.

Dengan demikian, Bunda akan merasa kenyang seharian dan mencegah rasa lapar datang di saat tengah malam. Pastikan makanan yang Bunda santap kaya akan protein dan tinggi serat, ya!

Artikel terkait: Perlukah Bumil mengonsumsi susu khusus ibu hamil? Begini penjelasannya!

3. Perbanyak Asam Amino

lapar tengah malam

Sumber: iStockphoto

Makanan yang mengandung asam amino seperti ikan, daging kalkun, atau pisang juga bisa membantu mengatasi lapar saat tengah malam. Pasalnya, kandungan asam amino akan memicu rasa kantuk yang disebabkan oleh tryptophan.

Hasilnya, Bunda bisa tidur lebih nyenyak dan tidak akan terbangun pada malam hari. Namun, penting untuk diperhatikan agar mengonsumsi asam amino dari makanan bergizi. Hindari suplemen tryptophan karena tidak aman bagi kehamilan. 

Artikel terkait: 5 Nutrisi Ibu Hamil yang Membuat Bayi Cerdas

4. Hindari Makanan Pedas dan Manis 

Bumil Sering Lapar Tengah Malam? Ini 5 Cara Mengatasinya

Sumber: iStockphoto

Bunda gemar mengonsumsi makanan pedas dan manis? Sebaiknya kurangi dahulu selama kehamilan. Sebab, masing-masing dari makanan ini memiliki efek buruk bagi kesehatan ibu hamil.

Makanan pedas menyebabkan masalah pencernaan, sementara makanan manis tidak mengenyangkan. Yang ada Bunda justru makin lapar dan keinginan untuk makan saat tengah malam akan semakin meningkat. Jika ingin makan makanan manis, carilah dari sumber buah-buahan seperti mangga atau apel.

5. Sediakan Camilan Sehat Saat Bunda Merasa Lapar Tengah Malam

Bumil Sering Lapar Tengah Malam? Ini 5 Cara Mengatasinya

Sumber: iStockphoto

Jika kebiasaan makan tengah malam sulit untuk dihentikan, satu-satunya cara adalah dengan menurutinya tetapi pastikan makanan Anda sehat dan bergizi. Sebagai gantinya, Bunda bisa menyediakan camilan dan kudapan sehat di dalam kulkas seperti susu dan biskuit.

Jika lapar melanda, cobalah untuk membuat kudapan yaitu sereal dengan susu, roti panggang dengan selai kacang, biskuit dengan keju, atau teh herbal. Bisa juga menyediakan makanan alternatif lainnya seperti:

  • Roti panggang atau roti gandum
  • Buah dan sayuran segar
  • Telur rebus
  • Susu
  • Biskuit
  • Buah kering

Nah, Parents, itulah sederet cara untuk mengatasi lapar tengah malam yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Mengutip situs Lamaze, makan tengah malam sebetulnya bisa meningkatkan kualitas tidur ibu hamil. Namun, tetap waspada dengan risiko munculnya refluks atau heartburn pada ibu hamil, ya. Alangkah baiknya jika bumil makan secara teratur sesuai jam untuk menjaga kesehatan dan berat badan ideal. Kalaupun ingin ngemil tengah malam, lakukan sesekali saja, ya, Bunda. 

Baca juga:

10 Pantangan Ibu Hamil yang Berbahaya

Bolehkah ibu hamil tidur siang? Ini penjelasannya!

5 Saran Tentang Makanan Ibu Hamil

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *