Apple Watch Bermasalah? Ini Cara Memperbaikinya

oleh -1 views


Jakarta, Selular.ID – Apple Watch mempunyai pangsa pasar sendiri di dunia smartwatch. Meskipun kini banyak persaingan dari kelas berat seperti Garmin, Samsung, dan Fitbit, Seri 6 tetap menjadi smartwatch layak untuk dibeli.

Namun, itu tidak terlepas dari masalah. Ini terutama berlaku untuk Apple Watch generasi lama juga. Tapi jangan khawatir kami di sini untuk membantu. Di bawah ini, anda dapat menemukan daftar beberapa masalah Apple Watch yang paling umum dan kemungkinan solusi untuk memperbaikinya.

Masalah #1: Pemasangan

Memasangkan Apple Watch dan iPhone Anda biasanya merupakan proses yang mulus, tetapi dapat mengalami masalah. Apakah perangkat tidak cukup dekat satu sama lain, tidak dalam jangkauan Wi-Fi, atau metode pemasangan kode QR Apple tidak berfungsi, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah pemasangan Apple Watch.

Solusi:

  • Jika memasangkan Apple Watch anda menggunakan metode jendela bidik di iPhone anda gagal, coba pemasangan manual. Pada layar pemasangan, ketuk Pasangkan Apple Watch Secara Manual dan ikuti petunjuknya.
  • Masih belum berpasangan Sebagian besar masalah teknologi dalam hidup dapat diselesaikan dengan me-reboot perangkat. Ini juga berlaku untuk produk Apple. Jadi, jika Anda menghadapi masalah pemasangan, coba reboot iPhone dan Apple Watch anda, lalu coba pasangkan lagi.
  • Untuk mem-boot ulang Apple Watch anda, tahan tombol samping hingga opsi Slide to power off muncul. Kemudian, geser untuk menonaktifkan perangkat yang dapat dikenakan. Tekan tombol yang sama untuk menyalakannya kembali.
  • Pastikan Apple Watch dan iPhone Anda berdekatan dan dalam jangkauan Wi-Fi.

Solusi lain:

  • Setel ulang pengaturan jaringan iPhone anda. Temukan ini dengan menuju ke Pengaturan> Umum> Atur Ulang> Atur Ulang Pengaturan Jaringan. Catatan: anda harus memasukkan kembali jaringan Wi-Fi dan data terkait jaringan lainnya di iPhone anda lagi setelah langkah ini.
  • Sebagai upaya terakhir, coba atur ulang Apple Watch anda. Pastikan untuk mencadangkan Apple Watch Anda ke akun iCloud anda sebelum anda menghapusnya.

Masalah #2: Pengisian daya

Apple Watch anda akan memberitahu anda bahwa pengisian daya melalui ikon petir hijau kecil. Jika anda tidak melihat ini, meskipun anda terhubung ke pengisi daya, ada beberapa hal yang dapat anda coba.

Solusi potensial:

  • Tempatkan Apple Watch anda di dudukan pengisi daya dan periksa apakah kabel pengisi daya magnetis didorong sepenuhnya ke dalam adaptor dan pengisi daya.
  • Juga, periksa apakah steker dinyalakan di dinding. Jika ya, tetapi Arloji anda masih tidak mengisi daya, coba alat lain di dinding untuk melihat apakah stekernya yang bermasalah. Jika anda tidak yakin, pindahkan pengisi daya ke steker dinding lain.
  • Bersihkan pengisi daya magnetik dan bagian belakang Apple Watch.
  • Periksa kembali apakah Apple Watch terpasang dengan benar di pengisi daya. Magnet harus menangkap Arloji.
  • Coba kabel lain. Apple merekomendasikan untuk menggunakan kabel pengisi daya yang disertakan dengan Arloji, tetapi kabel tersebut mungkin rusak. Periksa apakah kabel bermasalah dengan menggunakan yang lain jika anda memilikinya.
  • Jika semuanya gagal, coba mulai ulang paksa Apple Watch anda. Untuk melakukan ini, tahan tombol samping dan Digital Crown hingga anda melihat logo Apple.

Masalah #3: Layar

Layar Apple Watch yang besar dan responsif adalah bagian penting dari pengalamannya, tetapi ini bisa menjadi masalah kecil atau indikasi masalah yang berkembang jika tidak diaktifkan.

Solusi:

  • Coba mulai ulang paksa Apple Watch anda. Anda tidak memerlukan layar untuk ini, jadi itu harus menjadi hal pertama yang Anda coba.
  • Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol samping dan Digital Crown setidaknya selama 10 detik. Kemudian, lepaskan keduanya saat logo Apple muncul.
  • Jika itu tidak berhasil, coba putuskan pemasangan Arloji dari iPhone anda. Untungnya, anda dapat melakukan ini dari iPhone anda. Buka aplikasi Watch, ketuk pada tab My Watch, ketuk jam tangan anda, lalu ketuk huruf kecil i. Terakhir, pilih Unpair Apple Watch. Ini akan menghapus smartwatch anda, tetapi anda akan dapat memulihkan data anda nanti melalui cadangan.
  • Coba letakkan Apple Watch Anda di pengisi dayanya. Jika layar tidak menyala, ada kemungkinan baterai habis. Jika masih tidak menyala meskipun telah diisi dayanya, layar mungkin rusak.
  • Apple dapat memperbaiki layar “tanpa biaya” dalam keadaan tertentu dan jika masalah tersebut “dicakup oleh Garansi Terbatas Apple atau undang-undang konsumen.”

Masalah lain:

Jika layar tidak menyala saat anda mengangkat pergelangan tangan tetapi menyala saat anda mengetuk layar, periksa apakah Wake Screen on Wrist Raise diaktifkan. Buka Pengaturan> Umum> Layar Bangun> aktifkan Layar Bangun saat Pergelangan Tangan.

Masalah #4: Notifikasi

Bagian inti dari pengalaman Apple Watch adalah berinteraksi dengan notifikasi di pergelangan tangan Anda. Namun, terkadang, notifikasi ini tiba-tiba berhenti menyaring.

Solusi yang memungkinkan:

Periksa apakah Jangan Ganggu diaktifkan. Saat mode ini diaktifkan, Apple Watch tidak akan mengirimkan notifikasi. Untuk memeriksa apakah mode aktif:

  • Periksa apakah ikon bulan sabit ada di tampilan jam anda.
  • Jika ya, geser ke atas pada tampilan jam dan ketuk tombol Jangan Ganggu. Itu juga merupakan ikon bulan sabit.
  • Masih tidak ada notifikasi, coba sambungkan kembali Apple Watch ke iPhone anda. Untuk melakukan ini, pastikan Mode Pesawat mati di iPhone anda. Anda dapat mematikannya dengan membuka Pusat Kontrol dan mengetuk ikon pesawat. Setelah langkah ini selesai, mulai ulang iPhone dan Apple Watch anda. Mereka harus menyambung kembali setelah diaktifkan.
  • Menerima pemberitahuan untuk beberapa aplikasi tetapi tidak untuk yang lain buka aplikasi Tonton di iPhone anda, ketuk Pemberitahuan, gulir ke bawah ke aplikasi yang tidak mengirim pemberitahuan, dan ketuk. Di sini, pilih Show Alerts, dan aplikasi sekarang akan mengirimkan notifikasi ke pergelangan tangan anda.

Masalah #5: Pembaruan

Jika anda memiliki Apple Watch yang lebih lama, anda mungkin pernah mengalami pesan “tidak dapat menginstal pembaruan” setidaknya sekali. Namun, ada beberapa hal dasar yang perlu diingat sebelum memperbarui perangkat anda:

  • Pastikan untuk menempatkan Apple Watch di pengisi daya. Itu tidak perlu, tapi itu pasti disarankan. Ini terutama benar jika baterai jam tangan kurang dari 50% penuh.
  • Pastikan iPhone anda berada di dekat anda dan Apple Watch serta iPhone terhubung ke Wi-Fi. Semakin kuat sinyalnya, semakin baik.
  • Anda juga dapat mencoba memulai ulang Apple Watch sebelum menginstal pembaruan. Ini sangat disarankan jika Anda belum me-reboot perangkat dalam beberapa saat.

Solusi:

Jika anda telah menandai langkah-langkah di atas dan Apple Watch anda masih menolak untuk memperbarui, anda dapat mencoba menghapus file pembaruan perangkat lunak. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Tonton di iPhone anda. Buka Umum> Perangkat Lunak & Pembaruan> ketuk Hapus. Pastikan untuk memulai ulang Apple Watch anda setelah langkah ini. Setelah diaktifkan, unduh ulang pembaruan dan coba instal sekali lagi.

Apple Watch lama sering mengalami kesalahan penyimpanan saat memperbarui watchOS. Perbaikannya relatif sederhana kosongkan ruang yang perlu dipasang pembaruan.

  • Pertama, anda harus mencatat berapa banyak penyimpanan yang dibutuhkan pembaruan. IPhone dan Apple Watch anda harus menyoroti berapa banyak penyimpanan yang diperlukan dalam pesan kesalahan pembaruan.
  • Untuk melihat berapa banyak penyimpanan yang anda miliki, buka aplikasi Pengaturan di Arloji anda, pilih Umum> Tentang, dan gulir ke bawah ke Tersedia.
  • Anda juga dapat melihat apa yang menghabiskan sebagian besar penyimpanan anda, baik itu musik, foto, atau aplikasi. Catat ini juga.
  • Untuk menghapus musik dari Apple Watch anda, buka aplikasi Musik > Perpustakaan > Diunduh > Album atau Lagu > Lainnya > Hapus > Hapus Unduhan.
  • Untuk menghapus foto dari Apple Watch, anda memerlukan iPhone. Buka aplikasi Tonton > Jam Saya > Foto > Sinkronisasi Foto > Album Foto yang Dipilih. Alihkan opsi ke Tidak Ada.
  • Untuk menghapus aplikasi dari Apple Watch anda, ambil iPhone anda dan buka aplikasi Watch > My Watch > Dipasang di Apple Watch. Kemudian, ketuk aplikasi yang ingin anda hapus dan batalkan pilihan Tampilkan di Apple Watch. Lakukan ini untuk aplikasi apa pun yang tidak anda perlukan.
  • Anda juga dapat mencopot pemasangan aplikasi langsung dari Arloji. Tekan Mahkota Digital. Jika Layar Beranda anda menggunakan tampilan petak, ketuk dan tahan ikon aplikasi hingga ikon tersebut bergoyang. Ketuk tombol hapus, lalu ketuk Hapus Aplikasi.
  • Bagi mereka yang menggunakan tampilan daftar, geser ke kiri pada aplikasi, lalu ketuk tombol hapus merah.
  • Setelah anda mengosongkan penyimpanan, coba instal pembaruan sekali lagi.
  • Jika pembaruan masih belum diinstal, setel ulang Apple Watch Anda, pasangkan dengan ponsel anda, dan instal pembaruan.

Masalah #6: Tombol Putar

Digital Crown adalah tombol bagus yang menggerakkan sebagian besar navigasi menu Apple Watch. Sayangnya, terkadang debu dan serpihan masuk ke roda gigi, membuat macet atau berhenti berputar. Dalam hal ini, Anda harus membersihkan Apple Watch secara menyeluruh untuk mengurangi masalah Apple Watch ini.

Solusi:

  • Mematikan Apple Watch dan lepaskan talinya.
  • Pegang Apple Watch di bawah air hangat yang mengalir selama 10-15 detik. Apple tidak merekomendasikan penggunaan sabun atau pembersih lain tetapi menyarankan “terus-menerus” memutar dan menekan Mahkota selama proses berlangsung.
  • Keringkan Jam Tangan dengan kain non-abrasif.
  • Jika ini masih tidak berhasil, coba mulai ulang Apple Watch.
  • Tetap tidak ada anda mungkin perlu melepas dan memperbaiki Arloji ke iPhone anda. Jika ini masalah perangkat lunak, ini harus menyelesaikannya.

Masalah #7: Pelacak aktivitas

Apple Watch adalah jam tangan pintar yang luar biasa dan pelacak kebugaran yang mumpuni. Namun terkadang, itu tidak cukup melacak metrik kesehatan secara efektif.

Solusi:

  • Pertama, periksa apakah Apple Watch anda terpasang dengan benar di pergelangan tangan anda. Perangkat tidak boleh terlalu ketat tetapi juga tidak terlalu longgar.
  • Periksa apakah Pelacakan Kebugaran diaktifkan. Jika anda adalah pengguna Watch pertama kali, anda mungkin perlu memeriksa apakah pengaturan privasi ini diaktifkan. Untuk memeriksa, ambil iPhone anda dan buka aplikasi Tonton> Privasi> aktifkan Pelacakan Kebugaran.
  • Jika ini masih tidak berhasil, anda dapat mengkalibrasi ulang perangkat anda untuk meningkatkan akurasinya. Untuk mengkalibrasi ulang Apple Watch anda, ambil iPhone anda dan buka app Watch. Pilih Jam Tangan Saya > Privasi > Atur Ulang Data Kalibrasi Kebugaran.
  • Untuk mengkalibrasi Apple Watch anda, pastikan anda berada di luar dengan konektivitas GPS yang baik, buka aplikasi Olahraga di Jam Tangan anda, Pilih Jalan Kaki di Luar Ruangan atau Lari di Luar Ruangan, ketuk menu tiga titik untuk menetapkan tujuan, dan berjalan atau berlari selama 20 menit. Data ini akan memberi Apple Watch garis dasar, tetapi setiap latihan yang berhasil akan meningkatkan data kalibrasi.

Masalah #8: Layanan seluler

Jika anda memiliki Apple Watch yang mendukung LTE, terkadang anda mungkin mengalami masalah jaringan. Biasanya, ini bukan masalah besar jika LTE telah berfungsi di perangkat anda sebelumnya.

Solusi:

  • Periksa apakah Mode Pesawat tidak sengaja diaktifkan di Apple Watch anda. Jika ya, nonaktifkan.
  • Periksa apakah tombol Seluler di Apple Watch berwarna hijau dengan titik hijau di atasnya di Pusat Kontrol. Titik-titik mewakili kekuatan sinyal, sedangkan tombol hijau itu sendiri menunjukkan saat koneksi dibuat. Jika ikon tidak disorot, langkah selanjutnya adalah memulai ulang iPhone dan Apple Watch anda.
  • Tetap tidak ada anda mungkin perlu memutakhirkan pengaturan operator di iPhone anda secara manual. Untuk melakukan ini, pastikan ponsel anda terhubung ke Wi-Fi atau jaringan seluler. Selanjutnya, buka Pengaturan> Umum> Tentang, lalu ikuti instruksi karena ini bervariasi per operator.
  • Jika anda pengguna Apple Watch pertama kali, periksa kembali apakah perangkat mendukung operator anda. Anda dapat menemukan daftar lengkap di tautan. Selain itu, pastikan Apple Watch dan iPhone anda menggunakan operator yang sama.
  • Jika semuanya gagal, anda mungkin perlu mengatur paket seluler anda sekali lagi. Buka aplikasi Tonton di iPhone > Jam Tangan Saya > ketuk i di samping nama operator > ketuk Hapus. Anda sekarang dapat menambahkan detail operator anda lagi. Setelah selesai, mulai ulang iPhone dan Apple Watch anda.
  • Akhirnya, mungkin ada baiknya mencoba master reset pengaturan jaringan iPhone anda. Buka Pengaturan> Umum> Atur Ulang> Atur Ulang Pengaturan Jaringan. Perhatikan anda harus memasukkan kembali jaringan Wi-Fi dan data terkait jaringan lainnya di iPhone Anda lagi setelah langkah ini.

Masalah #9: Messaging

Mengirim pesan langsung dari Apple Watch anda ke perangkat Apple lainnya adalah trik yang bagus, tetapi tidak sempurna. Jika anda tidak dapat mengirim atau menerima teks di pergelangan tangan, anda dapat menjalankan daftar periksa di bawah ini untuk memperbaiki salah satu masalah Apple Watch yang paling umum.

Solusi:

  • Periksa apakah mode Jangan Ganggu dan Pesawat dimatikan di Pusat Kontrol.
  • Periksa apakah anda terhubung ke iPhone atau Anda memiliki penerimaan seluler di Apple Watch. Apple Watch yang mendukung LTE masih memerlukan iPhone yang dipasangkan untuk dinyalakan meskipun tidak berada di dekat anda.
  • Periksa apakah iMessage adalah masalahnya dengan mengirim pesan dari iPhone anda. Layanan mungkin sedang down, atau masalahnya mungkin ada pada iPhone anda sendiri.
  • Apple juga menyarankan untuk memeriksa apakah iMessage diaktifkan. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Pesan> aktifkan iMessage. Kemudian, ketuk Kirim & Terima untuk memulai proses sinkronisasi.
  • Masih kurang beruntung keluar dari iMessage dengan mengetuk Pengaturan > Pesan > Kirim & Terima di iPhone Anda. Selanjutnya, ketuk ID Apple > Keluar. Apple juga merekomendasikan memulai ulang iMessage. Lakukan ini dengan mengetuk Pengaturan > Pesan > matikan iMessage > aktifkan iMessage. Setelah selesai, masuk ke iMessage sekali lagi.
  • Setelah selesai, mulai ulang Apple Watch dan iPhone anda.
  • Terakhir, jika semuanya gagal, periksa apakah ada pembaruan yang tertunda ke salah satu perangkat.

Masalah #10: Aplikasi

Bagian dari kekuatan Apple Watch adalah banyaknya aplikasi yang tersedia untuk diinstal. Tapi ini sering bisa crash secara acak dan tanpa peringatan. Untungnya, ada perbaikan yang mudah.

Solusi:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah aplikasi itu memiliki pembaruan yang tertunda. Kemudian, buka App Store di Arloji > Akun > Pembaruan. Instal pembaruan yang tersedia. Coba buka aplikasi setelah ini.
  • Jika ini tidak menyelesaikan masalah, hapus instalan aplikasi. Untuk menghapus aplikasi, tekan Digital Crown. Misalkan Layar Beranda anda menggunakan tampilan kisi ketuk dan tahan ikon aplikasi hingga bergoyang. Selanjutnya, ketuk tombol hapus, lalu ketuk Hapus Aplikasi. Bagi mereka yang menggunakan tampilan daftar, geser ke kiri pada aplikasi, lalu ketuk tombol hapus merah.
  • Untuk menghapus aplikasi dari iPhone anda, buka aplikasi Tonton > Jam Tangan Saya > Diinstal di Apple Watch. Kemudian, ketuk aplikasi yang ingin anda hapus dan batalkan pilihan Tampilkan di Apple Watch.
  • Setelah dihapus, instal ulang aplikasi yang bermasalah.

Masalah #11: Kecepatan Melambat

Tidak mungkin Apple Watch Series 6 akan menunjukkan tanda-tanda melambat di awal masa pakainya, tetapi model lama mungkin mengalami beberapa kelambatan dari waktu ke waktu. Perangkat lunak yang tertinggal adalah salah satu masalah Apple Watch yang paling umum untuk model lama. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menguranginya.

Solusi:

  • Perbaikan termudah adalah reboot sederhana. Ini adalah praktik yang baik untuk me-reboot perangkat anda sekarang dan kemudian, bahkan jika anda memiliki Seri 6.
  • Jika Anda memiliki salah satu Apple Watch yang lebih lama, anda dapat menonaktifkan animasi watchOS. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Tonton di iPhone > Jam Tangan Saya > Umum > Aksesibilitas > aktifkan Kurangi Gerakan. Ini akan membuat Arloji anda terasa lebih cepat dan juga akan sedikit meningkatkan masa pakai baterai.
  • Apple Watch mengambil konten untuk app di latar belakang, tetapi ini juga dapat memperlambat perangkat dalam situasi tertentu. Jadi, jika Anda merasa tidak mendapat manfaat dari fitur ini atau tidak ingin aplikasi tertentu menggunakannya, sebaiknya nonaktifkan. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Tonton di iPhone> Umum> Segarkan Aplikasi Latar Belakang. Anda sekarang dapat mematikan aplikasi yang tidak anda inginkan menggunakan fitur ini atau tekan tombol master untuk mematikan fitur sepenuhnya.
  • Tidak perlu aplikasi berjalan di latar belakang anda dapat menutup paksa di Apple Watch anda. Untuk melakukan ini, tekan tombol samping di Apple Watch, dan gunakan Digital Crown untuk menggeser aplikasi. Untuk memilih aplikasi yang akan ditutup, geser dari kanan ke kiri dan tekan tombol tutup merah untuk mematikannya.
  • Jika Arloji anda tetap mengalami jeda, mungkin yang terbaik adalah memulai dari awal dengan menyetel ulang perangkat. Untuk melakukannya, buka Pengaturan di Apple Watch > Umum > Atur Ulang > Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

Masalah #12: Tali jam

Tali jam tangan pintar banyak disalahgunakan, dan Apple Watch tidak berbeda. Untungnya, band Apple Watch dapat ditukar dengan relatif mudah. Di AS, Apple Watch dan tali jamnya dilindungi oleh garansi terbatas satu tahun untuk cacat tetapi bukan kerusakan yang tidak disengaja.

Masalah #13: Apple Pay

Apple Pay sangat nyaman. Jika anda tampaknya tidak dapat membayar item menggunakan Arloji anda, mem-boot ulang Arloji adalah langkah pertama yang baik. Jika itu tidak menyelesaikannya, anda mungkin perlu menjalankan langkah-langkah yang kami uraikan di bawah ini.

Solusi:

  • Coba gunakan Apple Pay di iPhone anda untuk mengesampingkan masalah apa pun dengan layanan itu sendiri. Jika hanya gagal berfungsi di Arloji Anda, itu adalah masalah yang terkait dengan Arloji itu sendiri.
  • Coba hapus kartu dari Apple Watch anda. Untuk melakukannya, buka app Tonton di iPhone > Jam Tangan Saya > Wallet & Apple Pay > ketuk kartu Anda > Hapus Kartu Ini.
  • Anda juga dapat menghapusnya langsung dari Apple Watch dengan mengetuk aplikasi Wallet > mengetuk kartu anda > Hapus.
  • Sekarang, coba tambahkan kartu lagi. Untuk melakukan ini, anda harus kembali ke aplikasi Tonton di iPhone anda dan tab Tontonan Saya. Kemudian, ketuk Wallet & Apple Pay > Tambahkan Kartu Kredit atau Debit > masukkan data yang relevan. Ketuk Berikutnya, dan tunggu verifikasi bank Anda. Setelah selesai, kartu harus tersedia untuk digunakan.
  • Jika anda menghadapi masalah dengan kartu tertentu, coba tambahkan kartu lain jika anda memilikinya. Jika kartu lain berfungsi, kemungkinan kartu lama yang bermasalah.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *