Begini Cara Menjadwalkan Postingan Feed di Instagram, Lebih Hemat Waktu!

oleh -7 views

[ad_1]

Jakarta, Selular.ID – Bagi mereka yang aktif bermain di media sosial Instagram seperti para Influencer, admin media sosial, ataupun pebisnis online pastinya memiliki konsep tersusun sebelum mengunggah postingan. Mengembangkan akun Instagram agar menjadi terlihat apik dan aesthetic tentunya memakan waktu yang bisa dibilang cukup banyak.

Memposting instagram secara manual dapat menghambat penggarapan ide konten yang akan dishare di waktu berikutnya. Apalagi, tak jarang dari mereka yang kerap kali jadi “lupa memposting” karena ter-distract oleh kegiatan lainnya. Hal ini bisa menjadi fatal bagi mereka yang menjadikan Instagram sebagai produk kerjasama dengan mitra kerja mereka.

Cara untuk mempersingkat waktu dalam mengelola Instagram ialah dengan menjadwalkan postingan agar bisa terunggah dengan otomatis. Fitur “Creator Studio”  bisa menjadi solusi atas kerumitan soal masalah waktu seperti yang telah dideskripsikan di atas. Langkah ini juga merupakan bagian dari strategi dalam menjalankan digital marketing.

Kali ini, team Selular akan mengulas tentang cara menjadwalkan postingan di Instagram dengan menggunakan Creator Studio. Langsung saja, berikut kami sajikan untuk Anda:

Baca juga:Ingin Mulai Berbisnis Online? Ini 7 Jenis Aplikasi yang Harus Anda Instal

Syarat Awal Agar Bisa Menggunakan Creator Studio

  1. Memiliki akun Facebook dan Instagram

Untuk bisa mengakses Creator Studio, selain memiliki akun Instagram, Anda juga diharuskan untuk memiliki akun Facebook. Sebab, nantinya keduanya akan saling berhubungan guna proses masuk ke Creator Studio.

  1. Switch Akun Instagram Anda menjadi Business Acount atau Creator Acount

Fitur ini memang diperuntukkan bagi mereka yang bergelut di dunia Instagram. Jadi, jika Anda ingin menjajal fitur Creator Studio ini, sebaiknya ubah akun Instagram Anda dari personal menjadi akun bisnis atau kreator. Setelah itu, Anda juga diharuskan membuat FansPage di akun Facebook Anda terlebih dahulu.

  1. Hubungkan akun Facebook dan akun Instagram Anda

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Facebook dan Instagram nantinya akan saling berhubungan dengan proses log-in ke Creator Studio. Oleh karenanya, Anda harus menghubungkan keduanya terlebih dahulu.

  1. Ketik “Creator Studio” di kolom pencarian Google

Setelah muncul di halaman Google, Anda pilih “Creator Studio” di urutan paling atas laman Google. Kemudian, Anda klik ikon Instagram, dan log-in dengan menggunakan akun Instagram yang ingin Anda atur jadwal postingannya.

Cara Menjadwalkan Postingan Feed Instagram

Setelah langkah-langkah awal diatas sudah Anda lakukan, selanjutnya masuk ke cara mengatur jadwal postingan Instagram. Sebelumnya, perlu dicatat, bahwa fitur Creator Studio ini hanya bisa digunakan untuk menjadwalkan postingan foto dan video feed, serta IGTV. Jadi, tak berlaku untuk InstaStory ataupun Instagram Reels. Langsung saja, berikut cara menjadwalkan postingan tersebut:

  1. Klik “Create Post” atau “Buat Postingan”

Pada ikon ini, Anda akan diberi dua opsi, yaitu Instagram Feed atau IGTV.

  1. Pilih jenis yang Ingin diposting

Setelah Anda memilih “Instagram Feed” selanjutnya Anda pilih jenis apa yang ingin diunggah. Disana tertera ikon video dan foto secara berdampingan. Lalu, ada ikon “All Content” di bagian pertama untuk Anda lihat semua postingan yang telah dijadwalkan.

  1. Rangkai Caption

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke kolom untuk menulis caption dari postingan yang akan Anda jadwalkan. Hastagh, tag-mention ke username Instagram lainnya, serta penambahan lokasi juga bisa sekaligus dibuat di halaman ini.

  1. Upload Foto

Kemudian, Anda bisa sedikit scroll ke bawah dan nantinya Anda akan menemukan kolom postingan untuk mengunggah gambar konten Anda yang ingin dijadwalkan.

  1. Atur Jadwal Publikasi

Setelah semuanya selesai, langkah terakhir yang harus Anda lakukan ialah mengatur jadwal publikasi dengan cara klik tombol “arrow down” di sebelah tulisan publish, kemudian klik “schedule”, lalu pilih waktu yang diinginkan.

Semoga cara di atas bisa menjadi jalan ninja buat kalian para pebisnis online ataupun konten kreator untuk menghemat waktu dalam mengembangkan digital marketing di media sosial Instagram. Dan, jangan lupa tonton juga video di bawah ini:

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *