Berkat Diskon PPnBM 100% Xpander, Pangsa Pasar Mitsubishi Pecah Rekor – Berita Otomotif

oleh -0 views
Berkat Diskon PPnBM 100% Xpander, Pangsa Pasar Mitsubishi Pecah Rekor – Berita Otomotif


JAKARTA – Pangsa pasar Mitsubishi di Indonesia pada Juni kemarin mencapai rekor tertinggi sepanjang 2021. Kontribusi terbesar diberikan Xpander yang sedang mendapat perpanjangan diskon PPnBM 100 persen.

Mitsubishi, melalui keterangan resmi, Rabu (14/7/2021), mengumumkan capaian penjualan retail 8.704 unit untuk kendaraan penumpang dan niaga ringan pada Juni 2021. Ada peningkatan 15,8 persen atau 1.188 unit dibandingkan Mei.

Pembagiannya adalah 5.776 unit di sektor kendaraan penumpang serta 2.928 unit di sektor kendaraan komersial.

Sebagai informasi, penjualan retail adalah ukuran distribusi unit dari diler ke konsumen. Ada lagi satu tolok ukur lain yakni penjualan wholesales yang merupakan distribusi unit dari pabrikan ke diler/untuk stok.

Lebih lanjut, Mitsubishi pun menguasai 14,4 persen pasar bulan lalu. Ini diklaim sebagai pangsa pasar bulanan tertinggi Mitsubishi pada 2021, baik secara tahun fiskal maupun tahun kalender.

Jika mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan retail Mitsubishi pada Januari-Juni kemarin sendiri menyentuh 47.781 unit. Mereka menjadi merek mobil terlaris keempat di Indonesia dengan pangsa pasar 12,3 persen.

Xpander Terdepan

Model yang memimpin Mitsubishi meraih torehan tersebut adalah Xpander. Kontribusi duo Xpander dan Xpander Cross terhadap penjualan Juni mencapai 44 persen.

Mitsubishi Xpander Cross

“Rasa terima kasih dan apresiasi tertinggi kami untuk para konsumen yang telah mempercayakan pilihannya pada lini kendaraan penumpang Mitsubishi Motors, juga pemerintah yang telah menginisiasi program relaksasi PPnBM dan memberikan kontribusi efek positif untuk penjualan model Xpander dan Xpander Cross,” ujar Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura.

Sekadar mengingatkan, sejak Maret 2021, mobil-mobil 1.500 cc ke bawah yang dirakit di dalam negeri dan punya komponen lokal minimal 60 persen mendapatkan insentif PPnBM. Harga model-model tersebut pun turun di tengah pandemi Covid-19.

Tadinya, insentif PPnBM 100 persen dari tarif normal hanya berlaku sampai Mei. Tapi, periodenya diperpanjang sampai Agustus.

Ini membuat Xpander turun harga sampai Rp18 jutaan. Setelahnya adalah insentif PPnBM 25 persen pada September-Desember.

Model yang menjadi kontributor terbesar kedua adalah L300, dengan sumbangan 25,8 persen dari penjualan Juni. Selanjutnya Pajero Sport dengan 21,8 persen. [Xan/Had]





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *