Jokowi dan Megawati Masuk Daftar Muslim Berpengaruh Dunia

oleh -0 views
Tokoh Muslim berpengaruh dunia dari Indonesia


Tokoh Muslim berpengaruh dunia dari Indonesia | nasional.tempo.co

Jokowi bertengger di peringkat 12, Prabowo dan Ma’ruf Amin juga masuk daftar.

The Muslim 500 merilis daftar Muslim Berpengaruh Dunia 2021 yang terbagi dalam beberapa kategori, dari kategori politisi, hingga pendakwah. Beberapa nama tokoh muslim Indonesia pun bertengger dalam daftar tersebut.

Dari kategori pendakwah, Indonesia terwakilakn oleh dua sosok pendakwah kharismatik yang memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia. Sedangkan dari kategori polisi, ada beberapa nama yang tahun sebelumnya sudah masuk, kini naik peringkat. Ada pula beberapa nama baru yang mengisi daftar tokoh Muslim Berpengaruh Dunia edisi tahun 2021, mereka adalah pentolan dua parpol besar di Indonesia.

BACA JUGA: Heboh! Pernyataan Sikap Sekelompok Umat Islam Kalbar Siap Satu Penjara dengan Habib Rizieq

1.

Jokowi ada di urutan 12

Tokoh Muslim berpengaruh dunia dari Indonesia

Jokowi | www.cnnindonesia.com

Melansir dari situs Themuslim500.com, Presiden Joko Widodo kembali masuk dalam daftar Muslim Berpengaruh Dunia pada edisi 2021. Jokowi pada edisi terbaru ini berada pada urutan 12 naik satu nomor dari edisi tahun lalu yang menempatkannya di urutan 13.

Dalam daftar top 50, Jokowi bersanding dengan beberapa nama pemimpin negara seperti Presiden Erdogan dari Turki yang duduk di urutan pertama, Raja Salman dari Arab Saudi di urutan kedua, dan Perdana Menteri Imran Khan dari Pakistan yang ada di urutan 15.

BACA JUGA: Seperti Kekeyi, 5 Artis Ini Diduga Sempat Lakukan Asmara Settingan

2.

Megawati, Prabowo, dan Anis Matta

Tokoh Muslim berpengaruh dunia dari Indonesia

Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri | nasional.tempo.co

Di luar daftar 50 teratas, 450 tokoh lainnya dipisahkan dalam beberapa kategori, seperti Political, Business, Media, Preachers and Spiritual Guides, hingga Celebrities and Sports Stars. Dalam kategori politik, ada tiga nama tokoh dari Indonesia, mereka adalah Anis Matta, Prabowo Subianto, dan Megawati Soekarnoputri.

Anis Matta disebutkan telah berkontribusi sebagai presiden PKS pada tahun 2013-2015 dan juga pendiri partai Gelora pada tahun 2019. Prabowo Subianto disorot kiprahnya sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan juga ketua Partai Gerindra. Sedangkan Megawati Soekarnoputri masuk daftar atas kiprahnya sebagai wakil presiden, presiden, dan juga ketua PDI-P.

BACA JUGA: Penuh Misteri, 4 Artis Ini Mengaku Jadi Korban Santet

3.

Wapres Maruf Amin

Tokoh Muslim berpengaruh dunia dari Indonesia

Maruf Amin | www.kompas.com

Wakil Presiden Maruf Amin juga masuk dalam daftar 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia edisi 2021. Namanya tertulis dalam daftar tokoh yang berpengaruh dalam bidang administrasi keagamaan (Administration of Religious Affairs).

Kiprah Maruf Amin yang disorot ialah saat ia menjabat sebagai Ketua MUI dan juga sebagai Wakil Presiden RI. Selain Maruf Amin, dalam kategori ini, Indonesia memiliki tiga nama lain yaitu Miftahul Achar (NU), KH. Haedar Nashir (Muhammadiyah), dan KH. Yahya Cholil Staquf (NU).

4.

AA Gym dan KH Said Aqil Siradj

Tokoh Muslim berpengaruh dunia dari Indonesia

Aa Gym | www.jawapos.com

Dalam kategori pemuka agama atau pendakwah, Indonesia hanya memiliki satu nama pada edisi 2021. Ia adalah Abdullah Gymnastiar atau yang biasa disebut dengan sapaan Aa Gym. Dalam keterangan yang dimuat, Aa Gym disebut sebagai salah satu pendakwah Indonesia yang telah berkarya sejak lama dan terus bertahan dicintai oleh banyak umat.

Dalam daftar top 50, Indonesia juga memiliki nama lain selain Jokowi. Ia adalah pimpinan Nahdlatul Ulama, KH Said Aqil Siradj.

Artikel Lainnya

Selain nama-nama dari Indonesia, ada beberapa nama figur populer dari berbagai negara yang masuk dalam daftar. Mereka adalah pesepak bola asal Mesir Mohammed Salah, penyanyi religi berdarah Swedia Maher Zain, hingga presiden Singapura Halimah Yacob.

Tags :




Sumber Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *