Inspirasi

Kompetensi Wartawan, Itu Perlu

433Views

ANTARANEWS.id — Media Massa atau Pers adalah suatu istilah yang mulai digunakan oleh masyarakat kita untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didisain untuk mencapai masyarakat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari istilahnya media.

Katanya, media massa merupakan pilar keempat bagi demokrasi. Tapi di era konvergensi media bisa menjadi Pilar ke lima. Tak terbatas pada buku atau surat kabar.

Pers jaman sekarang sudah memasuki Multimedia yang saling terkait. Media Massa modern menyangkut smartphone, WA, SMS atau internet.

Media adalah channel. Dari media elektronik, media cetak hingga online media. Tak sekedar bersifat satu arah. Menghibur. Meyakinkan. Menginformasikan. Juga menciptakan rasa kebersatuan.

Yang perlu dicatat, hanyalah, tak semua orang di era media digital bisa disebut Wartawan. Walau dengan teknologi semua bisa menginformasikan. Ada yang namanya kompetensi.

Wartawan menyampaikan berita sesuai 5 W 1 H.

Pimpinan Media Digital tergerak untuk membangkitkan kesadaran agar wartawan media online tidak disorientasi. Mengarahkan untuk setiap web atau media online mempunyai wartawan yang sudah kompeten sesuai dari prosedur Dewan Pers.

Bersama Dewan Pers membangkitkan dan memberi kesadaran kepada setiap wartawan online dalam kode etik Dewan Pers (Nomor 03/SK-DP/III/2006 tentang Kode Etik Jurnalistik Peraturan Dewan Pers Nomor: 6/Peraturan-DP/V/2008 Tentang Kode Etik Jurnalistik Sebagai Peraturan Dewan Pers).

S.S Budi Raharjo

Ketua Umum Forum Pimpinan Media Digital & Ketua Harian Asosiasi Media Digital Indonesia

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »