MediaTek Garap Chip 4nm Terbaru, Siap Bersaing dengan Snapdragon 898?

oleh -2 views

[ad_1]

Jakarta, Selular.ID – MediaTek dikabarkan bakal segera menghadirkan chipset 5G SoC terbaru perusahaan yang didasari pada proses 4nm dari TSMC.

Chipset anyar tersebut disinyalir bakal diperkenalkan oleh MediaTek pada akhir tahun ini. Tetapi kabarnya, smartphone pertama yang bakal menggunakan chipset terbaru ini baru diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2022.

Kabar ini disampaikan langsung oleh seorang analis IDC, Bryan Ma, melalui laman Twitter miliknya. Bryan juga mengungkap bahwa chipset anyar besutan MediaTek ini bakal terbenam pada smartphone flagship 5G generasi berikutnya.

Dirinya juga memprediksi jika nantinya harga yang bakal ditawarkan oleh smartphone flagship bertenaga chipset tersebut sekitar 4000 yuan, atau setara dengan Rp8,9 jutaan.

Hingga saat ini, prosesor Dimensity 1200 masih menjadi chipset kelas atas perusahaan, yang didasarkan pada teknologi proses EUV 6nm.

Desas-desus terbaru menunjukkan bahwa raksasa semikonduktor Amerika akan meluncurkan generasi berikutnya, yaitu Snapdragon 895 SoC pada awal Desember 2021, dengan chip yang juga didasarkan pada proses 4nm.

Oleh karenanya, prosesor 4nm MediaTek Dimensity dan Snapdragon 895 akan bersaing keras untuk menjadi prosesor 4nm pertama di dunia.

Baca juga:Sasar Fotografi Seluler, MediaTek Keluarkan Chipset Helio G96 dan Helio G88

Berbicara soal Snapdragon 895, kabar terbaru menyebutkan bahwa prosesor itu dirumorkan batal meluncur, dan akan diganti oleh Snapdragon 898. Informasi ini dipaparkan oleh leaker ternama asal Cina, Ice Universe, yang mengunggahnya di laman Weibo.

Pembocor Cina itu juga menuturkan bahwa inti utama yang diharapkan bakal didasarkan pada Cortex-X2 baru, serta akan memiliki clock 3,09GHz. Arm mengumumkan inti CPU berkinerja tinggi pada bulan Mei kemarin, dan dikatakan membawa peningkatan 16% dalam kinerja dibanding Cortex-X1.

Snapdragon 898 disinyalir bakal menjadi chipset 4nm yang akan diproduksi oleh Samsung. Qualcomm juga diperkirakan akan menggunakan cluster CPU yang berbeda dari Snapdragon 888. Alih-alih cluster CPU 1+3+4, bocoran dari beberapa minggu lalu mengungkap bahwa Snapdragon 898 akan memiliki 1+3+2+2 klaster CPU, yang berarti 1x inti utama Cortex-X2 + 3x inti Cortex-A710 + 2x inti Cortex-A510 + 2x inti Cortex-A510 pada kecepatan clock yang lebih rendah. Akankah Snapdragon 898 mampu bersaing dengan prosesor terbaru 4nm MediaTek? Kita lihat saja nanti.

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *