Rilis

Transformasi Bisnis PT Recapital Grup di Tahun ke 22

1.87KViews

Tanggal 02 Mei 2018 merupakan hari istimewa bagi keluarga besar PT Recapital Grup. Pada tahun ini, Recapital genap berusia 22 tahun. Acara perayaan ulang tahun Perusahaan kali ini, diselenggarakan secara sederhana di kantor pusat, di jalan Recapital Building, Jalan Adityawarman Kav. 55 Lt. 10-11. Jakarta Selatan 12160.

Dihadiri oleh sebagian besar karyawan Recapital, Bapak Rosan Roeslani selaku Pimpinan Perusahaan menyampaikan bahwa 22 tahun bukanlah waktu yang pendek namun merupakan perjalanan panjang yang penuh dengan prestasi dan tantangan yang telah menjadikan Recapital seperti sekarang.

Untuk mensyukuri kesuksesan dalam mempertahankan eksistensinya, acara dibuka dengan doa syukur. Kemudian acara dilanjutkan oleh sambutan para pemegang saham PT Recapital Grup. Selanjutnya acara berlanjut dengan pemberian doorprize untuk para karyawan pergi Umroh.

“Kami harap, kebersamaan kita di Recapital Grup membawa azas manfaat. Bukan hanya membawa azat manfaat untuk karyawan di Recapital grup, tapi juga untuk masyarakat secara keseluruhan,” ujar Rosan Roeslani, pendiri PT Recapital yang kini menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) periode 2015-2020.

Elvin Ramli, yang merupakan sahabat Rosan dengan spontan meminta teman-teman seperjuangan ketika merintis usaha sebagai penasehat keuangan yang hadir untuk berdoa kepadanya, agar bisa terpilih menjadi legislatif nanti.

Pemegang saham lainnya, Sandiaga Uno yang kini menjadi Wakil Gubernur DKI, tak tampak kelihatan di acara ultah namun membawa pesan. “Mengucapkan salam erat, untuk kita semua,” demikian Elvin Ramli, yang kini menjadi calon legislatif dari Partai Gerindra.

PT Recapital Grup sempat bernama PT Republik Indonesia Funding, lebih dikenal sebagai Finance Indonesia.

Perusahaan kecil yang berdiri di kantor seluas 70 meter di Setiabudi Kuningan,Jakarta, dengan lima karyawan mulai tumbuh. Jenis usaha yang dipilih Roeslan sangat tepat pada saat itu. Pada tahun 1997 adalah mulai krisis ekonomi melanda Indonesia. Sejumlah perusahaan terancam bangkrut.

PT Recapital menawarkan jasa penasehat keuangan agar perusahaan yang terancam bangkrut sehat kembali. Tak hanya pendampingan, restrukturisasi, akuisisi hingga membeli perusahaan dan menjual kembali. Perusahaan ini melebarkan sayap bisnisnya. Semula bergerak di bidang keuangan, kemudian menyasar ke dunia asuransi, properti, tambang, batu bara, hingga media massa.

Ada Amanah Recapital Foundation untuk membantu orang-orang yang tidak mampu. “Persaingan bisnis akan semakin tajam dan keras. Hanya perusahaan yang kuat, sehat dan kompetitif yang dapat bertahan,” ujar Rosan yang mengaku telah mengembangkan satu model transformasi bisnis yang rinci, komprehensif dan terintegrasi.

Transformasi bisnis Recapital di usia yang ke 22, menurut Rosan adalah tuntutan jaman. Perubahan yang diperlukan oleh suatu korporasi untuk memposisikan diri agar lebih baik dalam menyikapi dan menjawab tantangan-tantangan bisnis baru, lingkungan usaha yang berubah secara cepat maupun keinginan-keinginan baru yang muncul dari dalam perusahaan.

Selain strategi yang matang, waktu dan momen yang tepat saat melakukan transformasi menjadi kunci utama. Perusahaan harus membaca kapan sekiranya perlu melakukan transformasi bisnis dengan skala besar. “Transformasi bisnis kami dimulai sejak 2017 dan semoga di 2019 ini sudah selesai,” tutur Rosan, mengenai momentum transformasi yang sedang dilakukan.

klik juga: Momentum Transformasi

Pemenang hadiah umroh karyawan bersama pemegang saham Recapital.
Srikandi Recapital pengisi acara Ultah berpose bersama

Redaksi
the authorRedaksi
Translate »