Viral Anak Menteri Bulan Madu Saat PPKM Darurat, Ini Aturan Liburan Ke Jepang

oleh -0 views
Viral Anak Menteri Bulan Madu Saat PPKM Darurat, Ini Aturan Liburan Ke Jepang

[ad_1]

Di era pandemi dan mengingat maraknya muncul berbagai varian baru dari virus Covid-19, melindungi diri serta seluruh anggota keluarga terkasih dari ancaman paparan virus corona memang menjadi salah satu hal terpenting yang menjadi sorotan banyak orang. Berbagai upaya pun dilakukan secara maksimal mulai dari menerapkan metode masker ganda, selalu memastikan tangan dalam keadaan bersih guna menekan kemungkinan terjangkit virus corona.

Dan salah satu hal terkini yang banyak dilirik oleh orang (terutama di masa PPKM Darurat yang mengharuskan banyak orang beraktivitas dari keamanan rumah) adalah dengan menghadirkan perangkat air purifier yang digadang-gadang dapat membunuh virus covid-19 berkat fitur HEPA Filter. Namun, apakah benar klaim air purifier dengan HEPA Filter dapat memberastas virus tak kasat mata tersebut? Lalu seperti apa air purifier yang direkomendasikan untuk Anda miliki? Untuk mengetahui semuanya, mari simak penjelasan mengenai apa itu HEPA Filter, kegunaannya, serta rekomendasi produk air purifier favorit Bazaar di bawah ini:

Apa itu HEPA Filter?

High Efficiency Particulate Air Filter atau yang lebih dikenal dengan singkatan HEPA Filter merupakan jenis filter udara yang dapat bekerja secara efektif menghilangkan setidaknya 99,97% debu, serbuk sari, jamur, bakteri, dan partikel udara apa pun dengan ukuran 0,3 mikron. 

Meski baru diperkenalkan secara resmi pada tahun 1983, HEPA sebenarnya sudah ada dan mulai diteliti sejak Perang Dunia II, tepatnya ketika seorang ilmuwan Amerika dalam Proyek Manhattan menciptakan filter HEPA pertama untuk menangkap partikel radioaktif yang dilepaskan selama pembuatan bom atom.

Lalu apa kegunaan dari HEPA Filter?

Dibuat dari ribuan serat yang sangat halus yang kemudian disusun sedemikian rupa menjadi matt, HEPA Filter berfungsi untuk mencegat masuknya partikel mikroskopis dan partikel yang lebih besar. Untuk itu biasanya HEPA Filter digunakan dan dapat ditemukan dalam peralatan seperti penyedot debu dan juga air purifier.

Efektifkah HEPA Filter “membunuh” virus corona?

Dengan menghadirkan HEPA Filter dalam kediaman Anda (terutama sekali lagi di msa pandemi Covid-19), HEPA Filter bekerja untuk memastikan kualitas udara yang baik yang bebas dari partikel buruk sekecil apapun itu. 

Jarang disadari, kehadiran penyaring udara sebenarnya sangat penting karena udara dalam ruangan tak jarang mengandung banyak iritan dan polutan yang mungkin berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu HEPA Filter dapat berguna untuk memastikan polutan ini dihilangkan secara efisien untuk meningkatkan kualitas udara yang Anda hirup.

Menurut penelitian yang Bazaar kutip dari Centers for Disease Control and Prevention atau CDC, hasil menunjukkan bahwa ukuran partikel SARS-CoV-2 adalah sekitar 0,1 mikrometer. Dengan demikian secara sederhana, filter HEPA memiliki kemampuan yang sangat mumpuni untuk menangkap partikel virus yang terkait dengan SARS-CoV-2.

Jadi, apakah saya perlu memiliki air purifier di rumah?

Umumnya, rumah Anda adalah tempat teraman selama pandemi Covid-19 berlangsung. Jadi, mungkin bagi Anda tidak membutuhkan kehadiran air purifier (terutama jika Anda hanya bersosialisasi dengan sesama anggota rumah yang juga banyak menghabiskan waktu di rumah serta mengenakan masker setiap kali Anda keluar).

Namun, jika salah satu anggota keluarga yang tinggal satu atap dengan Anda sedang terjangkit Covid-19 dan perlu menjalani isolasi mandiri, maka pilihan yang sangat bijak bagi Anda untuk menghadirkan alat pembersih udara di kamar mereka dengan pintu tertutup.

Menjadi keputusan yang bijak juga untuk menghadirkan air purifier di rumah bila salah satu anggota keluarga Anda masih harus beraktivitas di luar rumah. Sebab mereka memiliki risiko paparan pada Covid-19  yang lebih tinggi ketimbang anggota keluarga lain yang hanya menghabiskan waktu di rumah.

Apa yang harus saya pertimbangkan ketika memiliki air purifier?

Ada beberapa pertimbangan yang mungkin harus Anda pikirkan ketika memilih produk air purifier yang tepat bagi keperluan Anda dan seluruh anggota keluarga. Beberapa poin yang harus dipikirkan seperti:

  • Cakupan luas ruangan yang ingin Anda jangkau (mengingat pembersih udara bekerja paling efektif ketika berada di ruangan yang lebih kecil dengan semua pintu dan jendela dalam keadaan tertutup)
  • Tinggi langit-langit yang ideal untuk air purifier bekerja secara maksimal adalah sekitar 3-4 meter.
  • Apakah fitur yang ditawarkan pada produk benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang ingin dipenuhi?

Setelah mengetahui apa itu HEPA Filter, kegunaan serta keefektivitasannya dalam memerangi virus Covid-19, berikut Bazaar berikan rekomendasi 15 produk air purifier yang dapat Anda pilih dan miliki untuk digunakan melindungi diri maupun keluarga dari ancaman paparan Covid-19.

(Foto: Courtesy of Samsung)

2.399.000 rupiah

Tak hanya dapat menjaga udara di ruangan Anda tetap murni dan aman, dengan desainnya yang stylish serta elegan, air purifier persembahan Samsung ini juga dilengkapi dengan fitur Air Sensing Light sehingga dapat menyinari ruangan dengan cahaya lembut 

(Foto: Courtesy of Panasonic)

(Foto: Courtesy of Panasonic)

6.999.000 rupiah

Didukung dengan teknologi Nanoe, ini dapat menghasilkan udara yang bersih dan terbebas dari virus namun di lain sisi tetap hemat energi. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan produk ini dengan lebih nyaman sebab aliran udara dihisap melalui bagian depan produk sehingga dapat diletakan hanya 1 cm dari dinding. 

(Foto: Courtesy of LG)

(Foto: Courtesy of LG)

13.409.000 rupiah

Dengan bagian kepala yang dapat diputar seusai arah yang diinginkan, LG PuriCare menawarkan kemampuan untuk menjangkau aliran udara bersih yang lebih luas dan memastikan distribusi yang lebih merata dengan kemampuan rotasi hingga 70 derajatnya.

(Foto: Courtesy of Bowin)

(Foto: Courtesy of Bowin)

560.000 rupiah

Hadir dengan teknologi terkini yang dapat membantu untuk meminimalisir polusi ataupun partikel berbahaya yang tidak kasat mata. Selain dilengkapi dengan fitur HEPA Anion yang dapat menyaring polusi, bakteri, dan berbagai partikel lainnya hingga 99%, purifier ini juga hadir dengan teknologi kedap suara yang luar biasa sehingga nyaman untuk digunakan. Selain itu, dengan ukuran serta body-nya yang ringkas, ini menjadi kelebihan tersebut jika ingin digunakan ketika Anda sedang berada di dalam mobil.

(Foto: Courtesy of Coway)

(Foto: Courtesy of Coway)

14.884.855  rupiah

Dilengkapi dengan tiga jenis multi-sirkulasi, air purifier persembahan Coway ini didukung dengan fitur sirkulator yang kuat sehingga dapat menjangkau hingga 6 meter. 

(Foto: Courtesy of Sharp)

(Foto: Courtesy of Sharp)

3.359.000 rupiah

Anda termasuk golongan orang yang akan dengan mudah risih dengan kehadiran nyamuk di rumah? Jika iya, Anda tentu harus segera memiliki air purifier rilisan label Sharp ini. Dengan kemampuan kontrol aliran udara yang efisien dan penghisap udara kotor yang telah dilengkapi HEPA filter berkualitas tinggi, air purifier ini juga diklaim mampu menangkap nyamuk dengan efektif tanpa menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

(Foto: Courtesy of Xiao Mi)

(Foto: Courtesy of Xiao Mi)

1.999.000 rupiah

Bagi Anda yang telah mengadopsi smart home system, perangkat ini tentu akan menjadi tambahan sempurna bagi rumah Anda karena air purifier persembahan Xiaomi ini dapat Anda kontrol secara jarak jauh menggunakan aplikasi Mi Home. Selain itu Mi Air Purifier 2H juga dapat menyaring bau tak sedap yang mungkin muncul dari waktu ke waktu.

(Foto: Courtesy of Daikin)

(Foto: Courtesy of Daikin)

1.999.000 rupiah

Dengan kemampuan hisapan udara yang kuat dari 3 arah, produk rilisan Daikin ini memungkinkan air purifier membersihkan udara di ruangan dengan lebih cepat. Selain itu, air purifier ini juga mampu membantu menjaga kulit tetap lembap dan tidak membuat kulit menjadi kering. 

(Foto: Courtesy of Philips)

(Foto: Courtesy of Philips)

7.199.000 rupiah

Dengan daya operasionalnya yang sebesar 55 watt (atau setara dengan energi yang diperlukan oleh satu lampu standar), pembersih udara rilisan Philips ini tentu menawarkan kemampuan hemat energi yang luar biasa, selain tentunya dapat membunuh virus secara efektif berkat teknologi tiga lapis Nano Protech yang hadir dalam perangkat berbentuk bundar ini.

(Foto: Courtesy of Dyson)

(Foto: Courtesy of Dyson)

6.299.000 rupiah

Seperti kebanyakan karya produknya, air purifier rilisan Dyson ini memang memiliki desain serta bentuk yang unik. Untuk soal kemampuan, air purifier ini juga menyajikan fitur-fitur yang tak kalah dengan pesaing lainnya. Mulai dari HEPA Filter dengan putaran 360 derajat, filter karbon aktif, hingga dapat mempertahankan suhu dengan fitur termostat yang canggih, semua dapat Anda temukan dalam produk ini.

(Foto: Courtesy of Modenna)

(Foto: Courtesy of Modena)

4.800.000 rupiah

Diklaim mampu menjangkau area cakupan seluas 60m3 dengan clean air delivery rate 550m3/h, pembersih udara keluaran Modena ini juga menawarkan keleluasan untuk mengatur perangkat dengan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone.

(Foto: Courtesy of Instagram @ariaindonesia)

(Foto: Courtesy of Instagram @ariaindonesia)

3.290.000 rupiah

Pastikan selalu kualitas udara di rumah selalu bersih dan sehat untuk dihirup oleh seluruh anggota keluarga dengan menghadirkan pembersih udara dari Aria ini. Istimewanya, Anda juga dapat mengatur berapa IAQ (Indoor Air Quality) yang Anda inginkan lewat aplikasi yang dapat dikendalikan lewat gawai Anda.

(Foto: Courtesy of Instagram @leka.co.id)

(Foto: Courtesy of Instagram @leka.co.id)

1.399.000 rupiah

Walaupun hadir dalam bentuk yang tergolong ringkas dan mudah dibawa kemana-mana, namun air purifier yang mengusung konsep rechargeabble ini menawarkan segudang fitur yang cukup lengkap seperti smart sensor yang menjadi indikator penunjuk kualitas udara, kemudian fitur auto mode yang akan membuat alat otomatis bekerja lebih cepat jika kualitas udara kurang baik, hingga tentunya filter HEPA12 untuk mneyaring asap-asap yang kadang tak kasat oleh mata. 

(Foto: Courtesy of Hitachi)

(Foto: Courtesy of Hitachi)

10.000.000 rupiah

Dilengkapi dengan berbagai fitur yang tentunya sudah sangat lengkap selain HEPA filter dan cakupan yang cukup luas yaitu sekitar 800mL/h, ini tentu akan menjadi tambahan sempurna untuk mewarnai sudut ruangan berkat desain serta warna champagne-nya yang elegan.

(Foto: Courtesy of Sanken)

(Foto: Courtesy of Sanken)

1.425.000 rupiah

Didukung dengan fitur 3 pengaturan kecepetan, ion air untuk membersihkan udara dari kuman dan bakteri, timer controller yang dapat diatur sesuai kebutuhan, ini akan menjadi pilihan sempurna bagi Anda yang mencari pembersih udara dengan harga yang terjangkau.

Perlu diingat, walaupun setelah menghadirkan air purifier dalam rumah, ini tidak serta merta membebaskan Anda dari ancaman paparan Covid-19 karena kehadiran air purifier hanya berfungsi sebagai lapisan perlindungan tambahan. Untuk itu menerapkan protokol kesehatan yang benar seperti 5M: Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi tetap menjadi kunci utama yang harus selalu diterapkan di manapun Anda maupun seluruh anggota keluara terkasih berada.

Baca juga:

Sudah Tahu Cara Membuang Masker Medis yang Benar? Jika Belum, Simak Langkah Aman Mengelola Masker Bekas Pakai

(Layout: Sophie El Fasya)



[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *